Menteri PUPR Basuki Sebut Rumput JIS Tak Standar FIFA, Akan Diganti Senilai Rp6 M

  • Arry
  • 4 Jul 2023 16:12
Jakarta International Stadium alias JIS(@jakintstadium/instagram)

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono menyoroti kualitas rumput Jakarta International Stadium atau JIS. Menurutnya, rumputnya tidak sesuai dengan standar FIFA dan sudah selayaknya diganti.

Hal tersebut diungkapkan Basuki saat mengunjungi JIS bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono pada Selasa, 4 Juli 2023.

"Kondisi rumput JIS sekarang menurut evaluasi ahlinya, yang juga mengevaluasi 22 stadion termasuk yang memasang rumput GBK untuk Asian Games 2018, jelas tidak masuk dalam standar FIFA,” kata Basuki.

Baca juga
Ahli Keamanan FIFA Sebut JIS Dibangun Sesuai Pedoman FIFA, Tapi...

“Namun, ada solusinya. Kami akan ganti semua rumput tersebut, sesuai dengan ahlinya beliau, Pak Kamal sebagai ahli agronomi untuk rumput di stadion. Menurut beliau, harus diganti kalau mau 3 bulan bisa dipakai. Itu jangka pendek saja,” tambahnya.

Basuki menjelaskan, untuk merenovasi rumput JIS, dibutuhkan anggaran Rp6 miliar. Hal tersebut demi memenuhi standar dari FIFA.

“Untuk rumput butuh Rp 6 miliar satu lapangan. InsyaAllah kalau diperiksa FIFA bisa memenuhi syarat untuk bisa dipakai," ujarnya.

"Sayang kalau stadion yang sudah begini tidak memenuhi syarat. Untuk itu kami upayakan supaya ini bisa masuk di dalam kriteria standar FIFA,” tutupnya.

Untuk diketahui, JIS saat ini sedang dipertimbangkan menjadi arena dari Piala Dunia U-17 2023. Perhelatan akbar itu akan digelar pada 10 November hingga 2 Desember 2023 di Indonesia.

Artikel lainnya: Anak Tanya Siapa Syahnaz Sadiqah, Rendy Kjaernett Bersujud: Papa Bukan Orang Baik

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait