3 Saran Buro Happold Untuk Perbaikan JIS: Tak Sebut Soal Rumput

  • Arry
  • 10 Jul 2023 09:11
Jakarta International Stadium alias JIS(@jakintstadium/instagram)

Buro Happold sudah mencium adanya permasalahan di Jakarta International Stadium atau JIS. Konsultan asal Inggris itu pun memberikan tiga saran perbaikan untuk stadion berkapasitas 82.000 penonton itu.

Dalam keterangan yang dikutip dari laman resmi Buro Happold, disebutkan permasalahan ini sudah tercium sejak pembangunan stadion yang dilakukan era Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu.

Pemerintah dan PSSI menyatakan JIS butuh sejumlah perbaikan seperti rumput, akses parkir, hingga akses ke stadion.

Bagaimana saran perbaikan dari Buro Happold, berikut saran mereka dikutip dari laman resminya:

1. Rentan banjir

Buro Happold menyarankan pengelola menyediakan lebih banyak pompa air. Hal ini karena JIS sangat rentang diterjang banjir. Apalagi posisinya yang dekat dengan laut.

Selain itu, pengelola juga harus membuat mitigasi banjir. Buro Happold pun sudah membuat sistem drainase alami untuk membantu ketahanan banjir.

Baca juga
Ahli Keamanan FIFA Sebut JIS Dibangun Sesuai Pedoman FIFA, Tapi...

2. Transportasi umum yang terintegrasi

Buro Happold juga menyoroti soal akses stadion. Mereka merekomendasikan agar pengelola menyediakan transportasi umum yang terintegrasi untuk mengangkut pengunjung. Selain itu JIS juga harus menambah kapasitas atau lahan parkir.

3. Akses dan masalah sosial

Buro Happold menyarankan agar pengelola memperhatikan akses menuju dan keluar JIS yang harus diperbanyak. Sebab, jika tidak ada rekayasa lalu lintas, maka sudah dipastikan bakal ada penumpukan penonton.

Selain itu, Buro Happold juga meminta pengelola memperhatikan persoalan sosial di sekitar JIS. Sebab, kondisi pemukiman di sekitar JIS sangat jomplang. JIS Pun disarankan membangun sebuah "Hub" atau plaza, sebagai sentral dari para pengunjung.

Artikel lainnya: Suami Selingkuh dengan Syahnaz, Lady Nayoan Gugat Cerai Rendy Kjaernett?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait