JIS Didesain Antibanjir dan Ramah Pengunjung, Buro Happold: Tak Sesuai Desain Kami

  • Arry
  • 11 Jul 2023 09:50
Jakarta International Stadium alias JIS(@jakintstadium/instagram)

Buro Happold konsultan pembangunan Jakarta International Stadium atau JIS menegaskan pihaknya tidak pernah mendesain stadion berkapasitas 82.000 penonton itu.

"Buro Happold bermaksud mengklarifikasi peran dan kontribusi perusahaan dalam JIS. Buro Happold tidak diminta untuk mendesain stadion Jakarta International Stadium dan tidak pernah pula mendesain stadion ini," tulis Buro Happold dalam keterangan tertulisnya.

"Lebih lanjut, perusahaan juga tidak terlibat dalam pekerjaan konstruksi apapun yang dilakukan kemudian," jelas perusahaan yang memegang proyek pendirian Tottenham Hotspur Stadium itu.

Hal tersebut diungkap Buro Happold di tengah kontroversi terkait renovasi stadion JIS, mulai dari rumput yang dinilai tak sesuai standar FIFA hingga akses pengunjung.

Baca juga
3 Saran Buro Happold Untuk Perbaikan JIS: Tak Sebut Soal Rumput

Dalam kterangannya, Buro Happold menyarankan JIS agar bebas banjir. Hal ini dilakukan karena posisi JIS yang berada di dekat pantai.

"Tim infrastruktur kami mengembangkan panduan tentang strategi dan manajemen muka air yang inovatif dan berkelanjutan, seperti pengenalan sistem penyaringan air alami untuk menambah ketahanan terhadap banjir."

Selain itu, Buro Happold juga menyoroti adanya ketimpangan sosial. Karena letak JIS yang berada di tengah permukiman.

"Untuk menyatukan dua lingkungan yang berbeda, rencana induk konsep kami untuk fase 2 terkait area yang lebih luas berfokus pada membangun sebuah komunitas yang berorientasi pada olahraga," tulis keterangan Buro Happold.

Baca juga
Konsultan Buro Happold Klarifikasi Proyek JIS

Buro Happold pun memberikan panduan denganmengusulkan penambahan transportasi publik hingga penambahan jalur pejalan kaki di sekitar JIS.

Namun, dalam prosesnya, JIS kemudian dibangun oleh Jakarta Konsultindo alias JakKon. Bagaimana hasil pekerjaan dari JakKon?

"Hasil tinjauan perusahaan mengidentifikasi beberapa aspek yang ternyata tidak sesuai dengan panduan konsep desain orisinal dari Buro Happold. Temuan ini telah disampaikan oleh Buro Happold dalam surat terpisah," ujar Buro Happold.

Artikel lainnya: Survei LSI Denny JA: Prabowo Teratas, Anies Baswedan Urutan Buncit

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait