Piala AFF U-23: Indonesia Dipecundangi Malaysia 1-2

  • Arry
  • 18 Agt 2023 22:56
Timnas Indonesia(@pssi/twitter)

Timnas U-23 Indonesia mengawali kiprah di Piala AFF U-23 dengan kekalahan. Di laga pertama, Skuat Merah Putih kalah 1-2 lawan Malaysia.

Laga Indonesia vs Malaysia pada Grup B Piala AFF U-23 digelar di Rayong Province Stadium, Thailand, Jumat, 18 Agustus 2023. Indonesia sempat unggul terlebih dahulu, namun Malaysia berhasil comeback.

Timnas U-23 Indonesia menagwali laga dengan baik. Pasukan Shin Tae Yong itu tampil agresif dan menguasai pertandingan. Sementara Malaysia bermain bertahan dengan melacnarkan serangan balik yang cepat.

Pada menit kedelapan, Malaysia nyaris membuka keunggulan. Sebuah kesalahan di lini belakang Indonesia mampu dimanfaatkan pemain Malaysia yang kemudian mengirimkan umpan ke Muhammad Aliff Izwan. Penampilan apik dari kiper Ernando Ari berhasil menahan sepakan Aliff Izwan.

Indonesia kemudian melancarkan serangan-serangan tajam. Menit ke-21 aksi Frengky Missa dari sisi kiri berhasil dihalau kiper Malaysia. Enam menit kemudian giliran Ramadhan Sananta yang sepakannya masih melambung di atas mistar gawang.

Indonesia akhirnya membua keunggulan di menit ke-29. Ramadhan Sananta yang berhasil lolos dari jebakan offside berhasil menaklukkan kiper dengan tembakan terukur. Indonesia unggul 1-0 atas Malaysia.

Menit ke-44, Indonesia mendapat peluang lewat tendangan bebas. Sepakan Beckham Putra yang mengarah ke pojok kiri gawang berhasil ditepis kiper Malaysia. Babak pertama pun berakhir dengan skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia.

Di babak kedua, Malaysia tampil lebih agresif. Pelatih Malaysia melakukan pergantian sejumlah pemain, salah satunya memasukkan Fergus Tierney.

Perombakan pemain ini pun berhasil. Pada menit ke-54, aksi Fergus Tierney di kotak penalti dilanggar bek Kadek Arel. Wasit pun tak ragu menunjuk titik penalti.

Tierney mengambil sendiri tendangan penalti. Tembakan kerasnya ke tengah gawang gagal dibaca Ernando Ari. Indonesia vs Malaysia 1-1.

Pada menit ke-62, Tierney kembali menjadi momok bagi Timnas Indonesia. Memanfaatkan kemelut di kotak penalti Indonesia, Tierney dengan mudah melesakkan bola ke arah kanan gawang Indonesia. Malaysia berbalik unggul 2-1 atas Indonesia.

Indonesia berupaya mengejar ketertinggalan. Namun Malaysia bermain lebih rapat di pertahanan.

Serangan-serangan yang dilancarkan Indonesia gagal berbuah gol. Bahkan hingga wasit memberikan tambahan waktu hingga 8 menit, Timnas Indonesia gagal memanfaatkan peluang yang diraih.

Pertandingan Indonesia vs Mlaaysia berakhir dengan skor 1-2. Dengan hasil ini, Malaysia sementara memipin Grup B Piala AFF U-23 dengan nilai 3. Sementara Indonesia di urutan tiga di bawah Timor Leste.

Indonesia akan menghadapi Timor Leste di pertandingan kedua. Pertandingan akan berlangsung pada Minggu, 20 Agustus 2023.

Timnas Indonesia wajib memenangi laga melawan Timor Leste jika ingin menjaga asa lolos ke semifinal Piala AFF U-23.

Susunan Pemain:

Indonesia U-23: 21-Ernando Ari; 2-Bagas Kaffa, 16-Muhammad Ferrari, 13-Kadek Arel, 3-Frengky Missa; 7-Beckham Putra, 8-Arkhan Fikri, 5-Mohammad Kanu, 6-Robi Darwis; 17-Irfan Jauhari (Muhammad Ragil 48'), 9-Ramadhan Sananta

Malaysia: 23-Muhammad Rahadiazli; 3-Muhammad Ubaidullah, 4-Rakesh Munusamy, 5-Nik Umar, Muhammad Najmuddin; 11-Saiful Jamaluddin, 14-Ruventhiran, 17-Syahir Bashah, 20-Moh Aiman; 10-Muhammad Aliff, 21-Harith Akif

Artikel lainnya: Masih Mesra dengan Desta di Live TikTok, Natasha Rizky: Cuma Teman

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait