Posisi Terancam, Ini Skenario Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Asian Games 2023

  • Arry
  • 22 Sep 2023 18:53
Timnas Indonesia vs Taiwan 0-1(noc indonesia/pssi.org)

Posisi Timnas Indonesia kini tengah terancam untuk lolos ke fase gugur cabang sepakbola Asian Games 2023. Apalagi lawan terakhir Skuat Garuda Muda itu adalah Korea Utara. Bagaimana peluang tim asuhan Indrra Sjafri lolos ke 16 Besar?

Timnas U-24 Indonesia telah dua kali bertanding di fase grup cabang sepakbola Asian Games 2023. Pada pertandingan pertama, Skuat Merah Putih menang 2-0 atas Kirgistan.

Namun pada laga kedua, Indoensia dikalahkan Taiwan dengan skor 0-1. Hasil ini menempatkan Indonesia berada di peringkat tiga klasemen Grup F dengan mengoleksi nilai 3. Poin ini sama dengan yang diraih Taiwan, namun Indonesia kalah head to head.

Sementara Korea Utara sudah memastikan diri meraih tiket 16 Besar usai menang dua kali atas Taiwan dan Kirgistan. Mereka mengoleksi 6 poin.

    Klasemen Grup F Asian Games 2022
Klasemen Grup F Asian Games 2023

Posisi ini menyulitkan Indonesia. Sebab, tiket 16 besar hanya disediakan untuk juara dan runner up grup. Serta tiket dari jalur peringkat tiga terbaik.

Bagaimana syarat Indonesia lolos ke fase gugur sepakbola Asian Games? Berikut syarat-syaratnya:

1. Timnas Indonesia menang atas Korea Utara

Indonesia dipastikan lolos ke 16 Besar jika pada pertandingan terakhir mengalahkan Korea Utara. Skuat Merah Putih akan menjadi juara grup apabila Taiwan gagal menang melawan Kirgistan.

Namun jika Taiwan menang lawan Kirgistan, maka Indonesia akan lolos minimal sebagai runner up grup.

Baca juga
Asian Games: Timnas Indonesia Bekap Kirgistan 2-0

2. Timnas Indonesia imbang lawan Korea Utara

Jika Indonesia imbang melawan Korea Utara, Merah Putih masih bisa lolos. Asalkan, Kirgistan mengalahkan Taiwan. Dengan hasil ini, Indonesia akan menjadi runner up grup.

Namun jika Taiwan megalahkan Kirgistan, Indonesia hanya bisa berharap lolos lewat jalur peringkat tiga terbaik. Sebab, Indonesia dipastikan memiliki 4 poin jika imbang lawan Korut.

3. Timnas Indonesia kalah lawan Korea Utara

Syarat ini memang tidak diharapkan terjadi. Namun, jika Timnas Indonesia kalah lawan Korea Utara di laga terakhir, peluang untuk lolos masih ada.

Baca juga
Asian Games: Timnas Indonesia Kalah 0-1 dari Taiwan, Nasib Garuda di Ujung Tanduk

Syaratnya, Indonesia harus kalah dengan selisih satu gol. Sementara di pertandingan lain, Kirgistan menang lawan Taiwan.

Dengan skenario ini, Indonesia dapat lolos menjadi runner up grup lantaran unggul selisih gol dibanding Taiwan.

Pertandingan terakhir Indonesia vs Korea Utara sendiri akan digelar pada Minggu, 24 September 2023, pukul 17.00 WIB. Pertandingan ini akan digelar bersamaan dengan duel Kirgistan vs Taiwan.

Semoga hasil terbaik diraih Timnas Indonesia di ajang Asian Games 2023 ini.

Artikel lainnya: Hasil Liga Europa: Liverpool Comeback Ciamik, Drama Ajax vs Marseille, Roma Joss

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait