Franz Beckenbauer, Kaisar Sepakbola Jerman, Meninggal Dunia

  • Arry
  • 9 Jan 2024 09:13
Legenda sepakbola Jerman Franz Beckenbauer meninggal dunia(@bundesliga/instagram)

Legenda sepakbola Jerman, Franz Beckenbauer, meninggal dunia. Der Kaiser (Sang Kaisar) meninggal di usia 78 tahun.

Kabar duka ini disampaikan pihak keluarga Beckenbauer, Senin, 8 Januari 2024 malam WIB.

"Dengan kesedihan yang mendalam kami mengumumkan suami saya dan ayah kami, Franz Beckenbauer, meninggal dunia dengan damai dalam tidurnya kemarin, Minggu, dikelilingi oleh keluarga," begitu isi pernyataan resmi keluarga Franz Beckenbauer, dilansir dari Bild.

"Kami meminta Anda menyampaikan duka cita dalam sunyi dan menahan diri untuk tidak bertanya apa pun," jelas pernyataan itu.

Franz Beckenbauer merupakan salah satu legenda sepakbola Jerman terbesar. Der Kaiser memimpin Jerman Barat meraih trofi Piala Eropa 1972 dan Piala Dunia 1974.

Franz Beckenbauer meninggal dunia

Tak hanya sebagai pemain, Beckenbauer juga sukses sebagai pelatih. Pria kelahiran 11 September 1945 itu juga berhasil membawa Jerman Barat juara Piala Dunia 1990.

Hal ini membuat Beckenbauer masuk buku rekor Piala Dunia. Dia menjadi satu dari tiga sosok yang sukses mengangkat trofi Piala Dunia sebagai pelatih dan pemain. Dia setara dengan Mario Zagallo asal Brasil dan Didier Deschamps asal Prancis.

Baca juga
Jerman Ukir Sejarah di Solo Usai Jadi Juara Piala Dunia U-17

Ta hanya itu, di tingkat klub, Beckenbauer berhasil membawa Bayern Munchen merajai Bundesliga. Sebanyak 14 trofi dia persembahkan untuk Die Roten, termasuk 4 gelar Bundesliga dan 3 trofi Piala Champions (yang dimenangkan secara beruntun pada 1973-1976).

untuk prestasi pribadi, Beckenbauer duakali terpilih menjadipemainterbaik dunia dan menyabet Ballon d'Or pada 1972 dan 1976. Dia juga dinobatkan sebagai pesepakbola terbaik Jerman pada 1966, 1968, 1974, dan 1976.

"Yang kuat bukanlah yang menang, yang menanglah yang kuat," begitu salah satu kutipan paling terkenal dari Franz Beckenbauer.

Selamat jalan, Franz 'Der Kaiser; Beckenbauer.

Artikel lainnya: Viral Gorila Lempar Pengunjung dengan Kayu di Bonbin Ragunan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait