Jerman Ukir Sejarah di Solo Usai Jadi Juara Piala Dunia U-17

  • Arry
  • 3 Des 2023 06:35
Jerman U-17 menjadi juara Piala Dunia U-17(fifa world cup/fifa.com)

Jerman U-17 mengukir sejarah baru usai menjadi juara Piala Dunia U-17 2023. Gelar ini diraih usai mengalahkan Prancis U-17 lewat drama adu penalti.

Duel Jerman vs Prancis digelar di Stadion Manahan, Solo, Sabtu, 2 Desember 2023. Pertandingan ini diwarnai dengan keluarnya kartu merah untuk pemain Jerman.

Di awal babak pertama, Jerman tampil lebih menyerang. Namun kesolidan lini belakang Prancis mampu meredam serangan Der Panzer.

Justru Prancis yang mampu meraih peluang pertama di menit ke-18 saat Saimon Bouabre meneorbos lini belang Jerman. Namun kiper Konstantin Heide mampu menggagalkan peluang itu.

Pada menit ke-26, terjadi insiden di kotak terlarang Prancis. Bermula saat sebuah bola liar yang hendak dijangkau Bilal Yalcinkaya dan Aymen Sadi. Namun Sadi yang berupaya membuang bola justru menendang kaki Yalcinkaya.

Baca juga
Piala Dunia U-17: Drama 6 Gol dan Adu Penalti, Jerman Hajar Argentina dan ke Final

Wasit sempat melihat hal ini bukan pelanggaran. Namun, wasit VAR melihat adanya potensi pelanggaran dalam insiden tersebut. Usai meninjau VAR, wasit akhienya memutuskan memberikan tendangan penalti untuk Jerman.

Paris Brunner yang maju sebagai eksekutor mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Tembakannya ke arah tengah mengecoh Argney pada menit ke-29.

Tak beberapa lama, Jerman nyaris menggandakan kedudukan usai Max Moerstedt melepas sepakan keras dari luar kotak penalti. Aksi kiper Argney mampu menepis bola tersebut.

Babak pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk keunggulan Jerman.

Babak kedua, Prancis mencoba untuk lebih menyerang agar dapat menyamakan kedudukan. Namun, Jerman justru yang mampu menggandakan keunggulan di menit ke-51.

Sebuah umpan dari Moerstedt disambut Noah Darvich yang tak terkawal di depan gawang. Jerman unggul 2-0.

Dua menit berselang, Prancis mampu memperkecil ketertinggalan. Sebuah tendangan mendatar dari Bouabre bersarang ke kiri gawang Jerman. Skor berubah menjadi 2-1 masih untuk keunggulan Jerman.

Baca juga
Piala Dunia U-17: Meksiko Pupus Harapan Indonesia ke 16 Besar, Jerman Tampil Perkasa

Petaka menghampiri Jerman di menit ke-69. Winners Osawe mendapatkan kartu kuning kedua dan harus diusir ke luar lapangan.

Prancis langsung memanfaatkan momentum ini. Les Blues langsung tampil lebih menyerang dan mengurung pertahanan Jerman.

Upaya Prancis menyamakan kedudukan akhirnya berhasil di menit ke-84. Umpan Tidiam Gomis dari sisi kanan berhasil dimanfaatkan Mathis Amougou untuk menyamakan kedudukan. Skor berubah 2-2.

Di sisa waktu, Jerman nyaris mencetak gol lagi. Sebuah peluang dari Brunner mampu dihalau Argney dengan sempurna.

Pertandingan normal berakhir 2-2. Pemenang pun harus ditentukan lewat adu penalti.

Dalam adu penalti ini kiper Jerman dan Prancis tampil ciamik. Namun aksi kiper Heide di masa krusial adu penalti mampu menepis tendangan penalti pemain Prancis.

    Jerman U-17 menjadi juara Piala Dunia U-17 (fifa.com)

Jerman memastikan gelar juara usai Almugera Kabar mengecoh kiper Argney dan membuat skor menjadi 4-3.

Jerman pun dinobatkan sebagai juara Piala Dunia U-17. Ada tiga torehan sejarah yang dibuat Jerman. Pertama, ini kali pertama Der Panzer menjuarai Piala Dunia U-17.

Kedua, Jerman menjadi negara pertama yang mengawinkan gelar Piala Dunia U-17 dan Piala Eropa u-17 dalam tahun yang sama. Dalam Piala Erupa U-17, Jerman juga mengalahkan Prancis di babak final.

Jerman pun menjadi tim Eropa kelima yang memenangi kompetisi ini setelah Uni Soviet (1987), Prancis (2001), Swiss (2009) dan Inggris (2017). Prancis bisa menjadi tim Eropa pertama yang memenangkan kompetisi ini lebih dari satu kali.

Selamat Timnas Jerman U-17.

Artikel lainnya: Selamat! BCL dan Tiko Aryawardhana Resmi Menikah, Ini Mas Kawinnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait