Kata Erick Thohir Soal Gol Kontroversial Irak ke Gawang Indonesia: Goal is Goal

  • Arry
  • 17 Jan 2024 08:39
Duel Timnas Indonesia vs Irak di laga perdana Grup D Piala Asia 2013, Tim Garuda takluk 1-3 dari Singa Mesopotamia(pssi/pssi.org)

Timnas Indonesia kalah 1-3 saat melawan Irak di laga perdana penyisihan Grup D Piala Asia 2023. Satu dari tiga gol Irak dinilai kontroversi lantaran berbau offside.

Duel Timnas Indonesia vs Irak digelar di Stadion Ahmad Bin Ali, Al Rayyan, Qatar, pada Senin, 15 Januari 2023. Tiga gol Irak dicetak Mohanad Ali (17'), Osama Rashid (45+6'), dan Aymen Hussein (75'). Sementara, satu gol Indonesia dicetak Marselino Ferdinan (37').

Gol kedua Irak yang dicetak Osama Rashid di masa injury time babak pertama berbau offside. Gol ini bermula dari serangan di sisi kanan. Bola dikirim ke kotak penalti, pemain Irak lainnya Osammah Jabar di kotak penalti coba menendang bola.

Bola tersebut kemudian diterima Ali Khadim yang dinilai sudah berdiri offside. Khadim berhasil menyundul bola namun ditepis kiper Ernando Ari.

Baca juga
Piala Asia 2023: Timnas Indonesia vs Irak 1-3

Bola kemudian liar dan akhirnya Irak berhasil menjebol gawang Indonesia dan kembali unggul menjadi 2-1.

    Proses gol kedua Irak ke gawang Indonesia berbau offside (ist)
Proses gol kedua Irak ke gawang Indonesia berbau offside (ist)

Wasit sempat melihat VAR untuk melihat status gol tersebut. Namun akhirnya wasit menyatakan gol tersebut sah.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, enggan menanggapi kontroversi gol kedua Irak tersebut. Menurutnya, sebuah gol adalah gol dan hasilnya tidak bisa diubah.

"Ya, goal is goal-lah," terang Erick kepada awak media.

Baca juga
Jadwal Piala Asia 2023 Lengkap dan Jadwal Timnas Indonesia di Grup D

"Tentu saya berharap pelatih, para pemain me-review pertandingan hari ini. Generasi muda nih, masa depan kita, optimistis bisa kembali merebut poin, baik lawan Vietnam atau Jepang, kita coba. Namanya bola itu bundar," tandasnya.

Meski demikian, PSSI pun sudah melayangkan protes resmi ke Konfederasi Sepak Bola Asia atau AFC. PSSI menegaskan tidak puas atas keputusan wasit.

"Setelah pertandingan, kami resmi protes keras kepada AFC terkait disahkannya gol kedua Irak. Kami sudah resmi melayangkan form protes dan diserahkan langsung ke match commissioner seusai pertandingan," ujar manajer Timnas Indonesia, Endri Erawan, usai laga dalam keterangan resmi.

"Kami tahu protes ini tidak akan mengubah hasil pertandingan, tapi setidaknya untuk pertandingan-pertandingan selanjutnya perangkat pertandingan bisa lebih baik lagi dalam mengambil keputusan," lanjutnya.

Timnas Indonesia akankembaliberlaga di Piala Asia 2023. Lawan berikut yang akan dihadapi adalah timnas Vietnam pada Jumat, 19 Januari 2024.

Artikel lainnya: Videotron Anies yang Baru Dipasang di Bekasi dan Jakarta Diturunkan, Apa Alasannya?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait