Piala Asia 2023: Timnas Indonesia vs Irak 1-3

  • Arry
  • 16 Jan 2024 00:27
Piala Asia 2023(afc/afc.com)

Timnas Indonesia gagal meraih kemenangan di laga pertama penyisihan Grup D Piala Asia 2023. Skuat garuda menyerah 1-3 saat melawan Irak.

Duel Indoensia vs Irak figelar di Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan, Qatar, Senin, 15 Januari 2024.

Timnas Irak tampil percaya diri menghadapi Indonesia. Berbekal kemenangan telak 5-1 di kualifikasi Piala Dunia, Singa Mesopotamia langsung mengurung pertahanan Indonesia.

Laga berjalan tiga menit, Irak sudah mengancam gawang Indonesia. Tandukan Osama Rashid asih menyamping dari gawang Indonesia. Namun, dua menit berselang, Marselino Ferdinan nyaris membuat Indonesia unggul. Sayang tendangan lambung kaki kirinya hanya membuat bola membentur mistar gawang.

Irak terus menggempur pertahanan Indonesia. Akhirnya pada menit ke-17, Singa Mesopotamia berhasil mencuri keunggulan lewat gol yang dicetak Mohanad Ali.

Baca juga
Kualifikasi Piala Dunia 2026: Timnas Indonesia Kalah Telak 1-5 Kontra Irak

Gol tercipta usai terjadi blunder di lini pertahanan Indonesia. Ali berhasil memanfaatkan bola liar dan membawanya ke kotak penalti, dan dengan mudah menggetarkan gawang Ernando Ari. Irak unggul 1-0.

Indonesia akhirnya mampu merespons gol tersebut. Marselino sukses memanfaatkan umpan menysuur tanah yang dilepaskan Yakob Sayuri dari sisi kanan. Marselino yang sudah berdiri bebas, berhasil mamasukkan gola dengan tenang. Skor berubah menjadi 1-1.

Di penghujung babak pertama, Irak kembali unggul atas Indonesia. Osama Rashid menjebol gawang Indonesia usai memanfaatkan bola liar di kotak penalti.

Gol ini sempat diprotes pemain Indonesia lantaran ada pemain Iran yang berdiri offside dalam proses gol terjadi. Namun usai wasit melihat tayangan VAR, gol tersebut dinyatakan sah. Babak pertama berakhir dengan skor 1-2 untuk Irak.

Di babak kedua, Irak masih belum memberi ampun bagi Indonesia. Serangan demi serangan terus dilancarkan dari kedua sisi serangan.

Laga babak kedua baru berjalan dua menit, gawang Indonesia kembali dibobol Irak. Namun tayangan VAR menyatakan ada pelanggaran yang dilakukan Mohanad Ali dalam proses gol berlangsung.

Gol kemenangan Irak dipastikan oleh Aymen Hussein di menit ke-75. Irak unggul 3-1.

Hingga peluit panjang berbunyi, Indonesia gagal menyamakan kedudukan. Duel Indonesia vs Irak berakhir dengan skor 1-3.

Hasil ini membuat Indonesia berada di posisi juru kunci Grup D di bawah Vietnam. Sementara di posisi puncak ditempati Jepang dan Irak di posisi kedua.

Pertandingan selanjutnya, Indonesia akan melawan Vietnam. Laga digelar pada 19 Januari 2024.

Artikel lainnya: Carok Maut di Bangkalan Madura Tewaskan 4 Orang, Begini Kronologinya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait