Piala Asia 2023: Jepang vs Indonesia 3-1, Garuda Tunggu Keajaiban Lolos 16 Besar

  • Arry
  • 25 Jan 2024 06:34
Piala Asia 2023: Jepang vs Indonesia 3-1(pssi/pssi.org)

Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Timnas Jepang di laga pamungkas Grup D PIala Asia 2023. Skuat Garuda takluk 1-3 dari Samurai Biru.

Duel Jepang vs Indonesia digelar di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu, 24 Januari 2024. Kedua tim membutuhkan kemenangan untuk mengamankan tiket ke 16 Besar.

Timnas Jepang langsung tampil menekan sejak menit pertama. Serangan-serangan cepat dilancarkan Wataru Endo Cs. Tekanan bertubi-tubi ini membuat pemain Indonsia melakukan kesalahan.

Di menit ke-5, Jordi Amat harus melanggar Ayase Ueda di kotak penalti. Wasit Khamis Mohammed Al-Marri asal Qatar tak langsung menunjuk titik putih usai pelanggaran itu. Hukuman penalti akhirnya diberikan usai wasit meninjau VAR.

Ayase Ueda menjadi eksekutor dalam berhasil menjalankan tugasnya. Jepang unggul 1-0.

Meski sudah unggul, Jepang terus mengurung pertahanan Indonesia. Bahkan, serangan Garuda tak dapat melebihi garis tengah lapangan.

Indonesia memiliki peluang lewat tendangan Marselino Ferdinan. Pemain asal KMSK Deinze itu melakukan pergerakan dari sisi kanan pertahanan Jepang, kemudian melepaskan umpan ke dalam kotak penalti, tetapi diblok oleh Yuta Nakayama sehingga hanya menghasilkan sepak pojok.

Hingga babak [pertama usai, Jepang masih unggul 1-0 atas Indonesia.

Di babak kedua, Jepang kembali melanjutkan dominasinya. Menit ke-51, Ayase Ueda kembali mejebol gawang Indonesia.

Gol bermula dari aksi Ritsu Doan dari sisi kiri serangan yang kemudian memberikan umpan ke Ueda yang tak terkawal di depan gawang. Jepang unggul 2-0.

Tertinggal dua gol, Indonesia masih mencoba untuk menemukan bentuk serangan. Sementara Jepang tampil lebih santai. Namun, Indonesia kembali harus kebobolan saat Justin Hubner salah mengantisipasi bola sehingga menciptakan gol bunuh diri.

Upaya Indonesia mencetak gol akhirnya membuahkan hasil di menit ke-90+1. Bermula dari lemparan ke dalam Pratama Arhan, bola kemudian diterima Sandy Walsh yang dengan mudah mencocor bola ke gawang Jepang.

Pertandingan Jepang vs Indonesia berakhir dengan skor 3-1. Bagi Jepang, kemenangan ini membuat mereka lolos ke 16 besar dengan menjadi runner up grup D.

Sedangkan Indonesia kini berada di peringkat tiga Grup D dengan mengoleksi 3 poin. Timnas Indonesia masih memiliki peluang untuk lolos lewat jalur peringkat tiga terbaik namun masih menunggu keajaiban di laga Oman vs Kirgistan, Kamis, 25 Januari.

Jika Kirgistan memenangi laga tersebut dengan skor tak lebih dari selisih satu gol, Indonesia dapat lolos ke 16 Besar Piala Asia dari jalu peringkat tiga terbaik.

Susunan Pemain

Jepang: 23-Zion Suzuki; 15-Koki Machida, 16-Seiya Maikuma, 19-Yuta Nakayama, 22-Takehiro Tomiyasu (24-Tsuyoshi Watanabe 82'); 6-Wataru Endo, 10-Ritsu Doan, 13-Keito Nakamura (25-Daizen Maeda 69'), 17-Reo Hatate (8-Takumi Minamino 69'), 20-Takefusa Kubo 926-Kaishu Sano 82'), 9-Ayase Ueda

Indonesia: 21-Ernando Ari; 6-Sandy Walsh, 4-Jordi Amat, 5-Rizky Ridho, 25-Justin Hubner, 12-Pratama Arhan; 2-Yacob Sayuri (Witan Sulaeman 54'), 24-Ivar Jenner, 10-Egy Maulana (3-Elkan Baggott 73'), 7-Marselino Ferdinan; 11-Rafael Struijk

Artikel lainnya: Polisi Tangkap Siskaeee, Tersangka Pemeran Film Dewasa

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait