Drama Timnas Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023, Terima Kasih Kirgizstan

  • Arry
  • 26 Jan 2024 05:03
Timnas Indonesia(pssi/pssi)

Timnas Indonesia akhirnya resmi lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023. Garuda sudah ditunggu Australia di babak perdelapan final itu.

Di Piala Asia 2023, Indonesia tergabung di Grup D. Pasukan Shin Tae Yong itu kalah 1-3 dari Irak dan Jepang, serta meraih satu kemenangan. Indonesia pun duduk di peringkat 3 Grup D dengan tiga poin.

Asa Indonesia lolos ke 16 Besar masih terbuka lewat jalur peringkat tiga terbaik. Ada dua laga lagi yang bisa menentukan nasib Indonesia. Yakni Yordania vs Bahrain dan Kirgizstan vs Oman.

Indonesia lolos jika Yordania mengalahkan Bahrain di Grup E atau Kirgizstan menang atau minimal seri melawan Oman di Grup F. Jika salah satu skenario ini terjadi, Indonesia lolos di peringkat keempat di klasemen peringkat tiga terbaik.

Duel Yordania vs Bahrain ternyata berakhir dengan skor 0-1. Hasil ini menempatkan Bahrain lolos sebagai juara grup E dengan nilai 6.

Indonesia pun kemudian menggantungkan nasib ke laga selanjutnya yakni Kirgizstan vs Oman. Drama pun dimulai. Timnas Oman sempat unggul terlebih di menit ke-8 lewat gol Muhsen Al-Ghassani. Oman unggul 1-0, Indonesia gagal lolos.

Di menit ke-46, Kirgizstan sempat mencetak gol lewat Joel Kojo. Namun gol itu diaunlir wasit setelah tayangan VAR melihat Kojo berdiri offside.

Gol yang dinantikan Kirgizstan dan Timnas Indonesia akhirnya terjadi di menit ke-80. Gol bermula dari blunder yang dilakukan kiper dan bek Oman. Bola kemudian disambar Kojo yang dengan tenang melepaskan tendangan ke gawang Oman. Skor 1-1 pun bertahan hingga pertandingan usai.

Hasil ini membuat lega Timnas Indonesia. Sebab, dengan hasil imbang di laga Oman vs Kirgizstan, Indonesia dipastikan lolos ke 16 Besar Piala Asia. Indonesia pun akan melawan Australia di Jassim bin Hamad Stadium pada Minggu, 28 Januari.

Klasemen Akhir Peringkat 3 Terbaik Babak Grup Piala Asia:

  1. Yordania (Grup E) - 3x main: 4 poin, 6 gol, 3 kebobolan.
  2. Palestina (Grup C) - 3x main: 4 poin, 5 gol, 5 kebobolan.
  3. Suriah (Grup B) - 3x main: 4 poin, 1 gol, 1 kebobolan.
  4. Indonesia (Grup D) - 3x main: 3 poin, 3 gol, 6 kebobolan.
  5. Oman (Grup F) - 3x main: 2 poin, 2 gol, 3 kebobolan.
  6. China (Grup A) - 3x main: 2 poin, 0 gol, 1 kebobolan.

Artikel lainnya: Viral Lowongan Kerja Disparekraf DKI, Syaratnya Wajib Punya iPhone 13 Pro

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait