Berangsur Pulih, Ini Penyebab WhatsApp, Facebook, Instagram Down

  • Arry
  • 5 Okt 2021 09:17
Aplikasi WhatsApp, Facebook, dan Instagram(geralt/pixabay)

WhatsApp, Facebook, dan Instagram down pada Senin, 4 Oktober 2021, sekitar pukul 22.45 WIB. Namun setelah down sekitar enam jam, layanan tiga aplikasi bikinan Facebook itu sudah berangsur pulih.

Apa penyebab WhatsApp, Facebook, dan Instagram down?

Dilansir dari The Guardian, gangguan ini disebabkan karena masalah pada DNS alias sistem nama domain. Akibatnya nama situs web berubah menjadi alamat numerik yang sulit dipahami mesin.

Artinya, jika seseorang mengetik facebook.com di browser web, seharusnya DNS memberikan alamat numerik untuk mendapatkan data yang mewakili situs web. Namun, DNS itu rusak. Sehingga mesin menjadi sulit membaca perintah.

Baca Juga
WhatsApp, Facebook, Instagram Down, Facebook Beri Pejelasan di Twitter

Gangguan di Facebook ini menyebabkan gangguan pada aplikasi di grup itu seperti WhatsApp, Instagram, Messenger, Workplace, Oculus, dan lainnya.

Pakar pengujian perangkat luak dari BCS, Chartered Institute for IT, mengatakan, gangguan pada WhatsApp dan lainnya disebabkan karena adanya perubahan infrastruktur di jaringan Facebook.

“Pemadaman ini disebabkan oleh perubahan yang dilakukan pada infrastruktur jaringan Facebook. Banyak dari pemadaman profil tinggi baru-baru ini disebabkan oleh peristiwa tingkat jaringan yang serupa," katanya, melansir The Guardian.

“Khususnya, banyak organisasi sekarang mendefinisikan infrastruktur fisik mereka sebagai kode, tetapi sebagian besar tidak menerapkan tingkat pengujian yang sama ketika mereka mengubah kode itu, seperti yang mereka lakukan ketika mengubah logika bisnis inti mereka,” ujar Smith.

Baca Juga
Daftar HP yang Tak Bisa Pakai WhatsApp Lagi Mulai 1 November

Mengenai gangguan ini, WhatsApp, Facebook dan Instagram kompak meminta maaf kepada pengguna via Twitter.

“Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami masalah dengan WhatsApp saat ini. Kami sedang berupaya untuk mengembalikan semuanya menjadi normal dan akan mengirimkan pembaruan di sini sesegera mungkin. Terima kasih atas kesabaran Anda," tulis akun Twitter resmi WhatsApp.

Juru bicara Facebook Andy Stone juga memberikan penjelasan di Twitter.

“Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan produk kami. Kami sedang berusaha untuk mengembalikan semuanya menjadi normal secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," tulisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait