Pemerintah China Perintahkan Apple Hapus Aplikasi Alquran di Negaranya

  • Arry
  • 18 Okt 2021 12:31
Ilustrasi Aplikasi Alquran Digital(@bagasraisr/unsplash)

Otoritas pemerintah China telah memerintahkan Apple menghapus aplikasi Alquran digital, Quran Majeed. Padahal Quran Majeed adalah salah satu aplikasi Quran paling populer di dunia.

"Menurut Apple, aplikasi Quran Majeed kami telah dihapus dari App store China karena berisi konten yang memerlukan dokumentasi tambahan dari otoritas China," kata pengembang aplikasi Quran Majeed PDMS, dilansir dari laman BBC, Senin, 18 Oktober 2021.

"Kami mencoba menghubungi Administrasi Ruang Siber China dan otoritas China terkait untuk menyelesaikan masalah ini," tambahnya.

Dalam laporannya, BBC mengaku sudah menghubungi otoritas pemerintah China dan Apple untuk mengomentari laporan tersebut. Namun belum ada komentar pemerintah China.

Sementara Apple menolak berkomentar dengan alasan, "Kami diharuskan mematuhi undang-undang setempat, dan terkadang ada masalah kompleks yang mungkin tidak kami setujui dengan pemerintah."

Penghapusan aplikasi Quran Majeed itu pertama kali diketahui Apple Cencorship, sebuah situs web yang memantau aplikasi di App Store Apple.

"Saat ini Apple sedang diubah menjadi biro sensor Beijing. Mereka perlu melakukan hal yang benar, dan kemudian menghadapi reaksi apa pun dari pemerintah China," kata Benjamin Ismail, Direktur Proyek di Apple Censorship.

Hingga kini belum jelas aturan apa yang dilanggar aplikasi tersebut di China. Quran Majeed sendiri sudah diunduh 1 juta kali di China, dan diklaim sudah digunakan 35 juta muslim di seluruh dunia.

Namun, pada awal 2021, The New York Times sudah pernah melaporkan, Apple memiliki kebijakan akan menghapus aplikasi di wilayah China jika dianggap terlarang oleh pemerintah setempat.

Selain aplikasi Quran Majeed, aplikasi Alkitab Olive Tree, juga dihapus pada pekan lalu di China.

 

Baca Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait