Merah Putih Diganti Bendera PBSI di Thomas Cup, Kemenpora Salahkan BWF

  • Arry
  • 18 Okt 2021 08:33
Bendera PBSI dikibarkan saat Indonesia menerima trofi Thomas Cup 2020(tangkapan layar/vidiocom)

Bendera Merah Putih dilarang berkibar di podium saat Indonesia menjadi juara Thomas Cup 2020. Sebagai gantinya, bendera PBSI yang dikibarkan oleh Federasi Bulutangkis Dunia atau BWF.

Larangan bendera Merah Putih dikibarkan terkait dengan sanksi Badan Anti-Doping Dunia atau WADA ke Indonesia. Sanksi ini akibat Indonesia tidak patuh terhadap pelaksanaan tes anti doping.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, menyalahkan pihak BWF soal pengibaran bendera PBSI. Menurutnya, BWF seharusnya klarifikasi ke Indonesia terlebih dahulu soal sanksi WADA.

"BWF mengambil keputusan sendiri, dia langsung menerapkan sanksi itu padahal masih masa klarifikasi," kata Menpora Zainudin Amali.

Baca Juga
Indonesia Dilarang Kibarkan Merah Putih di Podium Thomas Cup 2020

Menurut Zainudin, Kemenpora sudah mengirimkan surat klarifikasi kepada WADA soal ketidakpatuhan tes doping tahun 2020 dan 2021. Dalam surat itu, lanjut Amali, dijelaskan keterlabatan tes doping diakibatkan adanya pandemi Covid-19.

Pandemi itu memaksa seluruh kompetisi olahraga dihentikan sehingga tidak memungkinkan mengambil sampel. Sementara untuk 2020, sampel tes doping sudah bisa terpenuhi dari pelaksanaan PON di Papua.

Amali mengklaim surat itu sudah direspons WADA Perwakilan Asia Pasifik. "WADA nantinya bakal melakukan supervisi ke Indonesia," jelasnya.

Baca Juga
RI Dilarang Jadi Tuan Rumah Olahraga, Gimana Nasib MotoGP Mandalika?

Dalam final Thomas Cup 2020, Indonesia berhasil mengalahkan China 3-0. Dengan hasil ini Indonesia berhak menggondol trofi Thomas Cup 2020.

Namun, pada saat penyerahan trofi di podium juara, panitia Thomas Cup mengibarkan bendera PBSI, sebagai ganti bendera Merah Putih. Hal ini dilakukan sebagai buntut dari sanksi WADA.

Sebenarnya tak hanya Indonesia yang benderanya tidak dipasang oleh BWF saat perhelatan Thomas-Uber Cup 2020. Bendera Thailand pun juga tidak dipasang saat penyerahan medali di podium Uber Cup 2020.

WADA sendiri memberikan sanksi kepada Indoensia berupa larangan untuk menggelar kompetisi olahraga tingkat regional hingga dunia. Selain itu, atlet Indonesia juga dilarang mengibarkan bendera Merah Putih di ajang internasional.

 

Baca Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait