Link Live Streaming Gerhana Matahari Total 4 Desember 2021

  • Arry
  • 4 Des 2021 12:56
Ilustrasi Gerhana Matahari Total(Karl Magnuson/unsplash)

Gerhana Matahari Total akan terjadi Sabtu 4 Desember 2021. Peristiwa Gerhana Matahari Total ini akan menjadi fenomena alam terakhir di 2021.

Sayangnya fenomena ini tidak dapat disaksikan di Indonesia. Gerhana Matahari Total ini akan terjadi di kawasan Antaartika.

Namun, pecinta peristiwa astronomi di Indonesia masih bisa menyaksikan Gerhana Matahari Total ini secara Live Streaming melalui channel YouTube NASA.

Link Live Streaming Gerhana Matahari Total 4 Desember 2021 klik di tautan ini.

Kapan waktunya?

Dilansir dari laman NASA, mereka akan mulai Live Streaming Gerhana Matahari Total pukul 12.00 IST atau sekitar pukul 13.30 WIB.

Baca Juga
Ada Gerhana Matahari Total 4 Desember 2021, Simak Jadwal dan Cara Melihatnya

Gerhana akan mulai 30 menit setelah live streaming dibuka. Dan diperkirakan puncak Gerhana Matahari Total akan terjadi pada pukul 13.14 IST atau 14.44 WIB. Proses Gerhana Matahari Total ini akan berkahir pada pukul 16.37 WIB.

Peneliti di Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Andi Pangerang, menjelaskan, total durasi Gerhana Matahari Total akan terjadi sekitar 90-116 detik.

Selain di Antartika, Gerhana Matahari Total ini juga bisa disaksikan di sejumlah tempat:

  • Lebar gerhana kurang dari 10 persen diameter Matahari
    Afrika Selatan
    Namibia
    Australia bagian selatan
  • Lebar gerhana 10-40 persen diameter Matahari
    Kepulauan Malvinas
    Kepulauan Tierra del Fuego
  • Lebar gerhana 93-97 persen diameter Matahari
    Georgia Selatan
    Kepulauan Sandwich Selatan.

Gerhana Matahari merupakan fenomena alam dimana posisi bulan berada di antara matahari dan bumi. Gerhana Matahari Total dapat terjadi jika posisi Matahari, Bulan, dan Bumi berada pada satu garis lurus.

Saat gerhana matahari terjadi, maka langit akan menjadi gelap, seolah-olah sudah sore. Jika cuaca memungkinkan, orang yang berada di jalur Gerhana Matahari Total dapat melihat korona matahari, atmosfer luar, yang biasanya tertutup oleh wajah cerah Matahari.

Gerhana Matahari Total pada 4 Desember 2021 merupakan gerhana ke-13 dari 70 gerhana dalam Seri Saros ke-152. Gerhana Matahari Total Seri Saros 152 ini pernah terjadi pada 23 November 2003.

Fenomena Gerhana Matahari Total ini dapat dinikmati lagi pada 15 Desember 2039 dan 26 Desember 2057.

 

Baca Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait