Ada Gerhana Matahari Total 4 Desember 2021, Simak Jadwal dan Cara Melihatnya

  • Arry
  • 3 Des 2021 19:04
Ilustrasi Gerhana Matahari Total(@topazspirit/unsplash)

Fenomena alam Gerhana Matahari Total akan terjadi pada Sabtu, 4 Desember 2021. Peristiwa ini akan menjadi fenomena alam terakhir pada 2021.

Gerhana Matahari merupakan fenomena alam dimana posisi bulan berada di antara matahari dan bumi. Gerhana Matahari Total dapat terjadi jika posisi Matahari, Bulan, dan Bumi berada pada satu garis lurus.

Saat gerhana matahari terjadi, maka langit akan menjadi gelap, seolah-olah sudah sore. Jika cuaca memungkinkan, orang yang berada di jalur Gerhana Matahari Total dapat melihat korona matahari, atmosfer luar, yang biasanya tertutup oleh wajah cerah Matahari.

Gerhana Matahari Total pada 4 Desember 2021 merupakan gerhana ke-13 dari 70 gerhana dalam Seri Saros ke-152.

Baca Juga
Gerhana Bulan Terlama Abad Ini Terjadi Pada 19 November, Catat Waktunya di Indonesia

Kapan jadwalnya dan bagaimana cara menyaksikanya?

Sayangnya Gerhana Matahari Total ini tidak bisa disaksikan di Indonesia. Fenomena ini hanya dapat disaksikan di kawasan Antartika saja.

Meski demikian,jangan takut. Pecinta fenomena astronomi di Indonesia masih dapat menyaksikan Gerhana Matahari Total melalui akun YouTube Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA. Selain itu, bisa juga disaksikan melalui streaming di laman resmi NASA.

Dilansir dari laman NASA, mereka akan mulai live streaming Gerhana Matahari Total mulai pukul 12.00 IST atau sekitar pukul 13.30 WIB.

Gerhana akan mulai 30 menit setelah live streaming dibuka. Dan diperkirakan puncak Gerhana Matahari Total akan terjadi pada pukul 13.14 IST atau 14.44 WIB.

Selain di Antartika, Gerhana Matahari juga dapat dinikmati di beberapa wilayah, kecuali Indonesia. Pusat Riset Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) - BRIN menyatakan daerah yang bisa menikmati Gerhana Matahari Sebagian adalah:

  • Lebar gerhana kurang dari 10 persen diameter Matahari
    Afrika Selatan
    Namibia
    Australia bagian selatan
  • Lebar gerhana 10-40 persen diameter Matahari
    Kepulauan Malvinas
    Kepulauan Tierra del Fuego
  • Lebar gerhana 93-97 persen diameter Matahari
    Georgia Selatan
    Kepulauan Sandwich Selatan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait