Bumi Alami Fenomena Alam Perihelion, Apa Dampaknya?

  • Arry
  • 4 Jan 2022 13:13
Ilustrasi Fenomena Alam(Faith McDonald/unsplash)

Pada hari ini, Selasa, 4 Januari 2022, Bumi akan mengalami sebuah fenomena alam yang dinamakan Perihelion. enomena alam ini akan terjadi pada pukul 01.52 AM Eastern Time atau sekira 13.52 WIB.

Apa sih fenomena alam Perihelion?

Dilansir dari Lapan, Perihelion merupakan fenomena alam di mana titik orbit Bumi berada paling dekat dengan matahari. Fenomena alam Perihelion ini terjadi lantaran orbit bumi berbentuk elips.

Fenomena perihelion tidak hanya terjadi pada bumi. Tetapi juga dialami oleh planet lainnya.

Jika ada Perihelion, maka akan ada fenomena alam Aphelion. Yakni dimana titik orbit planet berada pada titik terjauh dari matahari.

Pada 2022 ini fenomena Perihelion akan terjadi pada 4 Januari pukul 01.52 AM Eastern Time atau 13.52 WIB. Sedangkan Aphelion terjadi pada 4 Juli pukul 03.10 AM Eastern Time atau 15.10 WIB.

Pada saat terjadinya perihelion nanti, jarak bumi ke matahari berkisar 91.406.842 mil.

Apa dampak Perihelion bagi Bumi?

Dilansir dari theperihelioneffect.com, ada beberapa dampak dari fenomena Perihelion ini. Yakni seperti ukuran matahari akan tampak lebih besar dibanding waktu lainnya.

Selain itu, sinar matahari akan terasa 7 persen lebih intens dibanding waktu lainnya. Namun, hal tersebut tidak terlalu berdampak pada perubahan musim di bumi.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait