NASA Ungkap Fakta Baru Soal Jupiter Bisa Jadi Planet Terbesar di Tata Surya

• Arry
  • 24 Jun 2022 17:00
Planet Jupiter(@nasa/unsplash)

Jupiter adalah planet terbesar di Tata Surya. Peneliti NASA menemukan fakta baru, planet tersebut diduga tumbuh besar akibat memangsa planet kecil di sekitarnya.

Hal ini didasarkan pada pandangan tentang material kimia yang berada di bawah atmosfer luar Jupiter.

"Jupiter adalah salah satu planet awal yang terbentuk di Tata Surya kita," kata Yamila Miguel, peneliti astrofisika di Universitas Leiden yang memimpin penelitian ini dilansir dari Live Science, Jumat, 24 Juni 2022.

Miguel menjelaskan, para peneliti mengumpulkan data gravitasi dari awan Jupiter. Data ini memungkinkan tim memetakan material di bagian inti planet jumbo itu.

Baca juga
Fenomena Alam Langka: 6 Planet Sejajar Pada 24 Juni, Catat Waktu dan Cara Melihatnya

Dari susunan kimiawi bebatuan di Jupiter, ditemukan dugaan planet ini melahap planet-planet kecil untuk mendorong pertumbuhannya yang ekspansif.

Meskipun Jupiter adalah sebuah planet bola gas besar, namun Jupiter tetap mengawali pembentukannya dengan mengumpulkan material berbatu, seperti planet lain di tata surya.

Dalam penelitian itu disebutkan, gravitasi planet ini bahkan mampu menarik material batu ke bagian inti sehingga membuatnya menjadi lebih padat. Setelah itu, barulah planet ini menarik gas dalam jumlah besar yang akhirnya membentuk atmosfer Jupiter.

Gas yang banyak ditarik Jupiter ini adalah berupa hidrogen dan helium. Dua gas yang berasal dari sisa pembentukan matahari.

Space menjelaskan, ada dua teori soal bagaimana Jupiter mengumpulkan material bebatuan. Teori pertama menyebutkan, Jupiter mengumpulkan miliaran batuan ruang angkasa.

Dan teori kedua menyebutkan, inti Jupiter terbentuk dari penyerapan banyak planet kecil. Sesuai dengan teori terbaru. Planet-planet kecil itu disebut berukuran lebih kecil dibanding Bumi atau Mars.