Fenomena Alam Langka: 6 Planet Sejajar Pada 24 Juni, Catat Waktu dan Cara Melihatnya

  • Arry
  • 23 Jun 2022 20:18
Planet tata surya(ist/ist)

Sebuah fenomena alam langka bakal terjadi pada Jumat, 24 Juni 2022. Sebanyak lima planet akan tampak sejajar sesuai dengan urutan. Fenomena langit ini pun dapat disaksikan di Indonesia.

Lima planet yang bakal terlihat sejajar adalah Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus, dan Bulan sebagai satelit Bumi. Fenomena langka ini terakhir kali terlihat pada 2004.

Peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau Lapan, Andi Pangerang, menjelaskan, fenomena langka ini dapat disaksikan pada 24 Juni 2022 waktu subuh.

"Kan waktu subuh masing-masing wilayah itu berbeda-beda, sesuai dengan lintang geografis dan bujur geografis suatu kota. Jadi disesuaikan, kurang lebih ya sekitar jam set 5 sampai jam set 6," kata Andi Pangerang, dikutip dari laman resmi, Kamis, 23 Juni 2022.

Andi mengungkapkan, planet yang dapat disaksikan tak hanya lima planet atau konjungsi kuintet itu saja. Tapi planet Uranus juga dapat disaksikan menjadi konjungsi sektet atau enam benda langit.

"Jadi ada 6 planet yang berjajar, ada Merkurius, Venus, Uranus, Mars, Jupiter, dan Saturnus Kalau ditambah dengan Bulan pada tanggal 20-27 Juni, itu jadinya konjungsi septet," terang Andi.

Andi menjelaskan, fenomena langka ini sudah dapat disaksikan sejak 21 Juni 2022 dan akan berakhir pada 30 Juni. Namun, penampakan planet-planet itu makin terlihat jelas jelang akhir Juni.

Apakah fenomena langka planet sejajar bisa dilihat dengan mata telanjang?

Andi memastikan, penampakan lima planet yakni Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus bisa dilihat dengan tanpa alat bandu. Namun, untuk mengamati Uranus, harus memakai Teleskop dengan ukuran lensa minimal 10 cm.

"Karena kecerlangan Uranus hanya mencapai +5,9, nah ini kalau kondisi langit yang cukup redup tanpa polusi cahaya sebenarnya dapat kelihatan. Di wilayah perkotaan, batas kecerlangan +4,7 butuh alat bantu teleskop, teleskopnya kecil, berukuran 10 cm," papar Andi.

Namun, untuk dapat melihat planet sejajar itu harus dipastikan berada di tempat yang bebas dari polusi udara. Selain itu, kondisi cuaca juga harus cerah.

Dilansir dari NASA, lima planet sejajar itu akan berturut turut terlihat dimulai dari Saturnus (tengah malam), kemudian Jupiter dan Mars (dini hari), disusul Venus (fajar), dan terakhir adalah Merkurius (30 hingga 40 menit sebelum matahari terbit).

 

Artikel lainnya

 

Berita Terkait