Ular Piton Bisa Telan Hewan Lebih Besar Dibanding Tubuhnya, Ternyata Ini Rahasianya

  • Arry
  • 9 Nov 2022 13:43
Ular piton(ist/ist)

Ular piton burma terkenal sebagai reptil yang memiliki ukuran besar. Panjang tubuhnya bisa mencapai 5 meter. Meski demikian, reptil ini ternyata bisa memangsa hewan yang jauh lebih besar dibanding ukuran tubuhnya itu.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan Integrative Organismal Biology, disebutkan, ular piton burma bisa membuka rahang mulutnya seukuran dengan hewan yang dimangsanya seperti rusa atau buaya. Rahang itu disebut bisa meregang hingga enam kali lebih besar dibanding ular lain yang berukuran sama.

Bahkan di Florida, Amerika Serikat, ular piton Burma bisa merusak ekosistem dengan memakan hampir semua yang ada di depan matanya.

"Ekosistem Everglades berubah secara real-time akibat satu spesies, ular piton Burma," kata Ian Bartoszek, seorang ilmuwan lingkungan untuk Conservancy of Southwest Florida.

Baca juga
Hewan Mitos Ular Naga Jawa Ditemukan di Pegunungan Sanggabuana Kerawang

Dalam studi barunya, Bartoszek dan tiga peneliti lainnya, meneliti kemampuan ular piton Burma menelan semua makhluk yang ada di depannya.

Dalam penelitiannya, mereka melihat ular piton Burma ternyata memiliki kemampuan membuka mulut dengan sangat lebar. Hal ini lantaran ular piton Burma berevolusi memiliki kulit super elastis di antara rahang bawah mereka.

Hal ini memungkinkan ular piton Burma itu melahap hewan yang bahkan lebih besar dari apa yang bisa dilakukan oleh rahang mereka yang sangat mudah bergerak.

Dalam penelitian itu disebutkan, ular piton Burma memiliki rahang bawah yang tidak menyatu. Rahang mereka hanya terhubung secara longgar dengan ligamen elastis. Hal inilah yang memungkinkan mulut mereka membuka lebih lebar.

Baca juga
VIDEO: Hewan Mitologi Ular Naga Jawa Ditemukan di Pegunungan Sanggabuana

"Kulit elastis antara rahang bawah kiri dan kanan sangat berbeda pada ular piton. Lebih dari 40 persen dari total area gape mereka rata-rata berasal dari kulit yang elastis," kata ahli biologi evolusi Universitas Cincinnati, Bruce Jayne.

"Bahkan setelah Anda mengoreksi kepala mereka yang besar, celah mereka sangat besar," ujarnya.

Jayne dan rekan-rekannya juga meneliti ular dengan ukuran yang lebih kecil, agak berbisa, dan lainnya.

Hal ini untuk mengukur dan memperkirakan hewan terbesar yang bisa dimakan ular. Mulai dari tikus hingga buaya dan rusa ekor putih.

"Begitu ular piton itu mencapai ukuran yang wajar, cukup banyak buaya yang bisa memakan mereka," kata Jayne.

"Dan ular piton memakan buaya." lanjutnya.

Baca juga: Resep dan Cara membuat Sambal Petai Ikan Teri, Bikin Nafsu Makan Meningkat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait