Saksikan Puncak Bulan Purnama Cacing Malam Ini, Bertepatan Nisfu Syaban

  • Arry
  • 7 Mar 2023 10:41
Ilustrasi Bulan Purnama Cacing(hamlethub/hamlethub.com)

Puncak Bulan Purnama Cacing akan menjadi fenomena astronomi yang bisa dinikmati malam ini, Selasa, 7 Maret 2023. Simak jadwalnya.

Istilah bulan purnama cacing atau worm moon berasal dari orang-orang suku Naudowessie (Dakota) dan telah digunakan oleh kelompok penduduk asli Amerika lainnya.

Istilah bulan purnama cacing ini juga merujuk pada musim cacing yang bermunculan dari tanah setelah hujan musim semi.

Mengutip akun Instagram Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), bulan purnama cacing ini akan mencapai puncaknya pada pukul 19.40 WIB, 20.40 Wita, dan 21.40 WIT.

"Purnama Mega, Purnama Nisfu Syaban," dikutip dari akun tersebut.

Melansir LiveScience, bulan purnama cacing akan terlihat penuh pada hari-hari sebelum dan sesudah tanggal bulan purnama resmi.

Bulan purnama sendiri bakal terjadi saat posisi Bulan dan Matahari berada di tiap sisi bumi yang berseberangan. Sisi siang Bulan menghadap ke Bumi dengan seluruh bulatan Bulan terlihat terang dan bulat.

Setelah fenomena astronomi bulan purnama cacing, bulan purnama berikutnya akan terjadi pada 5 April. Bulan purnama 5 April juga memiliki istilah yakni Bulan Merah Puda. Suatu istilah yang diambil dari nama bunga liar merah muda yang mulai mekar saat ini di beberapa bagian Amerika Utara.

Artikel lainnya: Erick Thohir Pilih Pindahkan Depo Plumpang dan Bangun Buffer Zone di Tanah Merah

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait