5 Fenomena Sains yang Tertulis di Al-Qur'an

  • Arry
  • 10 Apr 2023 11:51
Ilustrasi Tata Surya(@gferla/unsplash)

Banyak fenomena alam yang terjadi yang sulit dijelaskan secara sains. Namun, fenomena alam tersebut ternyata sudah tercantum di dalam Al-Qur'an yang ditulis 14 abad lalu.

Oleh karena itu, Umat Muslim diperintah untuk senantiasa mencari dan menggali ilmu pengetahuan yang terkandung dalam kitab suci tersebut.

Hal ini seperti disebutkan dalam Al-Qur'an Surat Yunus ayat 101, yang artinya:

"Katakanlah (Nabi Muhammad), “Perhatikanlah apa saja yang ada di langit dan di bumi!” Tidaklah berguna tanda-tanda (kebesaran Allah) dan peringatan-peringatan itu (untuk menghindarkan azab Allah) dari kaum yang tidak beriman. (QS. Yunus: 101).

Baca juga
Tangisan Abu Bakar dan Umar Saat Alquran Dilantunkan

Apa saja fenomena alam yang tertulis di Al-Qur'an? Ini lima diantaranya:

1. Pertemuan dua air laut yang tidak menyatu

Dalam beberapa video di media sosial sering terlihat unggahan dua air laut yang tidak menyatu. Padahal air laut itu berdampingan. Lokasinya berada di Selat Gibraltar, yang menghubungkan Lautan Mediterania dan Samudera Atlantik.

Di dalam Al-Qur'an, fenomena ini sudah dijelaskan dalam Surat Ar-Rahman ayat 19-22 yang artinya:

"Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu, Antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui masing-masing. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? Dari keduanya keluar mutiara dan marjan."

2. Api di dasar laut

Secara ilmiah, api pasti akan padam jika terkena air. Namun, ahli geologi asal Rusia Anatol Sbagovich dan Yuri Bagdanov seorang ilmuwan asal Amerika Serikat pernah menemukan lava cair yang mengalir disertai abu vulkanik yang suhunya mencapai 231 derajat Celcius. Lokasinya di dasar laut sedalam 1.750 kilometer di lepas pantai Miami.

Fenomena alam ini sudah ditulis Al-Qur'an surat At-Tur ayat 6, yang artinya:

"Dan laut yang di dalam tanahnya ada api." (QS. At-Tur: 6)

Baca juga
Berapa Lama Idealnya Khatamkan Alquran?

3. Ledakan Big Bang

Big bang dipercaya sebagai suatu peristiwa awalnya alam semesta. Teori ini berkembang di awal abad ke-20.

Fenomena ini telah dijelaskan dalam Al-Qur'an yakni di Surat Al-Anbiya ayat 30, yang artinya:

"Dan apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwa langit dan bumi keduanya dahulunya menyatu, kemudian Kami pisahkan keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tidak juga beriman?" (QS. Al-Anbiya: 30)

4. Sungai di dasar laut

Sekelompok penyelam menemukan adanya sungai di bawah laut. Hal ini lengkap dengan pepohonan dan dedaunan yang mengalir di dasar laut. Sungai bawah laut ini ditemukan di Meksiko, di bawah laut Meksiko.

Al-Qur'an surat Al-Furqan ayat 53 menjelaskan fenomena ini:

"Dan Dialah (Allah) yang membiarkan dua laut mengalir (berdampingan), yang satu tawar dan segar dan yang lainnya asin. Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang tidak tembus." (QS. Al-Furqan: 53)

5. Siang dan Malam

Fenomena alam pergantian siang dan malam dalam ilmu sains disebutkan terjadi karena perputaran Bumi. Bumi merupakan salah satu planet di tata surya yang mengelilingi Matahari dan sekaligus mengitari dirinya sendiri.

Fenomena siang dan malam ini dijelaskan dalam Surat Ali Imran ayat 190, yang artinya:

"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal. (QS Ali Imran:190).

Demikian 5 fenomena alam yang tertulis dalam Al-Qur'an.

Artikel lainnya: Pesan Quraish Shihab Bagi yang Ingin Menghafal Al-Qur'an

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait