Pesan Quraish Shihab Bagi yang Ingin Menghafal Al-Qur'an

  • Arry
  • 9 Apr 2023 17:36
Ilustrasi Baca Alquran(@cahiwak/pixabay.com)

Cendikiawan Profesor Quraish Shihab memberikan pesan bagi yang ingin menghafalkan Al-Qur'an. Sebelum menghafal, menurutnya, perlu banyak persiapan untuk menghafal kitab suci umat Islam tersebut.

"Ada tugas baru bagi ustaz-ustaz kita. Saya kira paling tidak minimal juz amma yang dapat dipahami, karena itu hampir setiap hari kita baca, di dalamnya ada surat-surat pendek yang sering kita baca," kata Quraish Shihab dikutp dari laman NU Online, Minggu, 9 April 2023.

Penulis Tafsir Al-Misbah itu menjelaskan, dahulu kita membutuhkan penghafal Al-Qur'an. Namun kini kita bisa menggunakan HP untuk mencari ayat yang dibutuhkan.

"Jadi kita di Pusat Studi Qur'an tidak menekankan untuk menghafal. Bukan berarti jangan hafal, tetapi harus dipahami. Saya lebih senang seorang memahami satu ayat dengan baik dari pada menghafal 10 ayat,” ujarnya.

“Jadi jangan salah paham, saya tidak setuju orang hafal Quran. Karena arti hafal itu hifdzul Qur’an yang tidak hanya mengingat di otak, tetapi memeliharanya. Sehingga kita selalu bisa mengamalkan sesuai dengan perkembangan masyarakat," ujarnya.

Menurutnya, umat Islam tidak hanya disuruh untuk sekedar membaca Al-Qur'an. Tetapi juga tadabbur, dan juga tadarus. Dia pun kini khawatir jika banyak penghafal Qur'an namun tidak memahami kandungan isi Al-Qur’an.

Menurut Prof Quraish hal ini sudah pernah diadukan Nabi kepada Allah melalui sebuah ayat yang ada pada Al-Qur’an surat Al-Furqan Ayat 30 yang artinya:

“Dan Rasul (Muhammad) berkata, “Ya Tuhanku, sesungguhnya kaumku telah menjadikan Al-Qur'an ini diabaikan.”

Quraish pun juga menanyakan instropektif kepada masyarakat terkait kecintaan kepada Al-Qur’an. “Berapa persen orang Islam yang mempunyai Al-Qur'an di dalam rumahnya? Berapa persen yang mempunyai Qur'an dan membacanya? Berapa persen yang membaca dan memahaminya? Sikap kita memang belum sesuai dengan yang seharusnya dilakukan," ujarnya.

Artikel lainnya: Banyak Diburu di Bulan Puasa, Ini Bedanya Nasi Kebuli dan Briyani, Jangan Ketukar

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait