Usai Makan, Hindari Minum 5 Minuman Ini

  • Arry
  • 15 September 2022 11:40
Ilustrasi minuman es teh manis dan jus jeruk(@ThorstenF/pixabay.com)

Sehabis makan, kita biasanya langsung minum. Selain untuk menghilangkan seret di tenggorokan, juga membantu agar makanan cepat tertelan.

Minum air putih adalah minuman yang biasa dikonsumsi usai makan. Ada sebagian yang memilih untuk mengonsumsi minuman segar untuk menghilangkan dahaga.

Namun, ada sejumlah minuman yang ternyata berbahaya untuk dikonsumsi usai makan. Hal ini karena minuman tersebut justru dapat mengganggu kesehatan.

Apa saja minuman yang sebaiknya dihindari, melansir halodoc, berikut daftar minuman yang harus dihindari usai makan:

1. Kopi

Minum kopi memang nikmat. Biasanya kopi dinikmati usai seseorang sarapan.

Namun, minum kopi setelah makan justru akan mengurangi zat besi dalam makanan yang diserap hingga 80 persen. Selain itu, kopi juga bisa menghambat penyerapan mineral penting lainnya seperti seng, magnesium, dan kalsium.

Jadi jika ingin minum kopi, kasih jeda sekitar satu jam setelah makan.

2. Teh

Minum teh, seperti es teh manis, memang sangat nikmat usai kita makan. Namun, minum teh usai makan ternyata bisa mengganggu kesehatan.

Beberapa penelitian menunjukkan, kandungan kafein dalam teh bisa menghambat penyerapan berbagai nutrisi seperti zat besi.

Ada penelitian juga yang menyatakan minum teh baik untuk pencernaan seperti menghilangkan gas lambung dan perut kembung. Namun, tidak semua teh yang baik untuk dikonsumsi setelah makan. Teh hijau dan teh herbal merupakan teh yang baik utuk pencernaan.

3. Soda

Minuman soda merupakan salah satu minuman favorit banyak orang setelah makan. Jika Anda termasuk golongan itu, sebaiknya mulai mengurangi kebiasaan tersebut.

Sebab, minuman ini, meski ada yang berlabel diet soda, tetap mengandung gula di dalamnya. Dengan mengonsusi gula dalam jumlah banyak, bisa membuat sistem pencernaan bekerja keras. Selain itu, asupan gula terlalu banyak juga bisa meningkatkan risiko diabetes.

4. Jus Buah

Jus buah juga sering menjadi minuman yang nikmat untuk diminum setelah makan. Namun, sebagian besar jus buah yang disajikan di restoran mengandung fruktosa yang tidak perlu.

Meskipun jus buah mungkin mengandung fruktosa alami, tetapi ada sukrosa tambahan dari konsentrat jus yang dapat menambah kadar gula tersebut.

5. Susu Sapi

Minuman susu juga biasa diminum usai makan. Susu memang baik untuk kesehatan karena kaya akan kalsium yang bermanfaat untuk tulang.

Namun, sebaiknya anda tidak mengonsumsi susu sapi setelah makan malam. Sebab, minuman tersebut mengandung lemak dan kolesterol. Mengonsumsi susu sapi pada malam hari akan meningkatkan kadar kolesterol dan lemak dalam tubuh.

 

Related Articles

Berita Terpopuler

Berita Pilihan