Makan Bakso Jangan Sambil Minum Es Teh tapi Sebaiknya Es Jeruk, Ini Alasannya

  • Arry
  • 6 Apr 2024 16:23
Makan bakso dan minum es teh(ist/ist)

Makan bakso panas dan pedas lalu minum es teh manis merupakan paduan yang sangat nikmat. Namun, kebiasaan makan ini ternyata tidak baik bagi kesehatan. Apa alasannya?

Mengutip HuffPost Australia, ahli diet terakreditasi bernama Nicole Dynan menyatakan paduan makan bakso dan eminum es teh manis sangat tidak dianjurkan. Terutama bagi seseoang yang memiliki tekanan darah rendah.

Menurutnya, teh mengandung senyawa alami yakni polifenol. Zat ini dapat menghambat penyerapan zat besi, yang pada umumnya terkandung pada makanan sumber protein.

"Sumber makanan terbaik zat besi termasuk daging merah, kacang kering dan lentil, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan dan biji-bijian, serta roti gandum dan sereal," ujar Dynan.

Baca juga
10 Khasiat Minum Teh: Bikin Kurus Hingga Tingkatkan Kualitas Tidur

Polifenol yang terkandung dalam teh dapat menghambat penyerapan zat besi. Kandungan ini banyak terdapat dalam teh hitam, teh herbal, kakao dan kopi.

"Teh hitam memiliki lebih banyak efek daripada teh herbal, dan semakin kuat tehnya, semakin besar daya hambatnya, karena polifenol yang terkandung lebih banyak," jelasnya.

Kebiasaan makan bakso sambil minum es teh manis ini juga harus dihindari oleh perempuan yang sedang menstruasi. Sebab, perempuan yang sedang menstruasi justru sedang kekurangan zat besi atau mengalami kondisi darah rendah.

"Perempuan membutuhkan lebih banyak asupan zat besi, yakni sebanyak 18 miligram per hari. Sedangkan laki-laki, hanya membutuhkan 8 miligram per hari," kata Dynan.

Baca juga
Minum Es Teh Kekinian Terlalu Banyak Gula, Kenali 11 Tanda dan Gejala Diabetes

Dynan menjelaskan, tak semua orang merasakan efek langsung dari penghambatan penyerapan zat besi karena teh. Terutama bagi mereka yang sering mengonsumsi daging, ikan, hingga unggas dalam jumlah yang banyak.

Namun, jika Anda tidak cukup makan daging merah (sumber zat besi yang paling tinggi), atau mengikuti diet vegetarian; sebaiknya minumlah teh secara terpisah dari waktu makan.

Dynan pun menyarankan, bagi anda yang sedang mengonsumsi bahan makanan sumber zat besi, sebaiknya didampingi asupan vitamin C. Zat ini bisa didapat dalam minuman jus jeruk atau es jeruk. Atau bahkan Anda dapat juga mengonsumsi camilan buah-buahan sumber vitamin C lainnya.

Artikel lainnya: Ada Ledakan Saat Gerhana Matahari Total 8 April 2024, Begini Dampaknya Bagi Bumi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait