Warganet Indonesia Geram Miss World Malaysia Sebut Batik dari Negaranya

  • Arry
  • 21 Okt 2021 14:47
Miss World 2021 asal Malaysia Lavanya Sivaji(@lavanyasivaji/instagram)

Miss World Malaysia 2021, Lavanya Sivaji, menjadi bulan-bulanan serangan netizen Indonesia. Sebabnya, dia melontarkan pernyataan kontroversial soal asal usul batik.

Dalam sosial medianya pada Rabu, 20 Oktober 2021, Lavanya Sivaji, menyatakan batik berasal dari Malaysia.

"Bagi saya kain batik melambangkan keanekaragaman di antara orang Malaysia, denga berbagai warna, cetakan dan desainnya. Oleh karena itu, saya mempersembahkan gaun malam saya untuk Miss World Malaysia 2021 buatan kain batik Malaysia," tulis pemenang kontes kecantikan di Malaysia itu.

Padahal, UNESCO sudah mengakui bahwa batik merupakan warisan budaya Indonesia. Penetapan ini berlaku sejak 2 Oktober 2009.

Pernyataan itu pun langsung diprotes netizen Indonesia. Dan pada akhirnya Lavanya pun mengeluarkan permintaan maaf.

"Kepada para pageant lovers khususnya di Indonesia. Aku berharap kalian dalam keadaan sehat. Pertama-tama, aku ingin meminta maaf jika telah menyinggung siapa pun atas unggahan ini," tulis Lavanya Sivaji di Instagram, Rabu 20 Oktober 2021.

"Aku mengakui kata batik berasal dari Jawa serta desain dan sejarahnya," ujarnya.

"Tidak sedikit negara lain yang mempraktekkan unsur budaya tersebut seperti Malaysia, Sri Lanka, India dengan desain dan motifnya masing-masing," ujarnya.

"Setiap kali aku mengenakan batik, aku merasa ada kekuatan perempuan sejati. Kita adalah penyembuh, kita adalah ibu," tuturnya.

"Terima kasih karena anda telah mengingatkan saya untuk menghormati akar, budaya dan tradisi kita," ujarnya.

 

Baca Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait