Tepis Klaim Ade Armando, Ini Perintah Sholat 5 Waktu dalam Alquran dan Hadist

  • Arry
  • 4 Nov 2021 10:39
Ilustrasi Sholat(humas/bengkuluutarakab.go.id)

Pegiat sosial media, Ade Armando, membuat kontroversi. Dosen Universitas Indonesia itu menyatakan tidak ada perintah sholat lima waktu dalam Alquran. Menurutnya, sholat lima waktu hanyalah kebiasaan yang dilakukan sejak kecil.

Benarkah klaim tersebut?

Sekjen Majelis Ulama Indonesia atau MUI, Amirsyah Tambunan, menyatakan, perintah sholat lima waktu sudah diatur dalam Alquran dan hadist.

"Tegas bahwa dasar hukum salat itu memang merujuk kepada Alquran dan hadist Rasulullah SAW," kata Amirsyah.

"Lima waktu itu adalah perintah salat yang dinyatakan di Alquran dan hadis dan para ulama telah sepakat memahami perintah 5 waktu," ujar Amirsyah.

Perintah melaksanakan sholat ada dalam surat Al-Baqarah ayat 43. Allah SWT berfirman yang artinya:

"Dan laksanakanlah sholat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah beserta orang yang rukuk." (QS. Al Baqarah: 43)

Perintah melaksanakan sholat ini sudah diterima sejak sebelum zaman Nabi Muhammad SAW. Dikisahkan, Rasulullah SAW pernah diperintahkan mengerjakan shoilat sebanyak 50 kali sehari semalam.

Saat peristiwa Isra Mi'raj, ketika Rasulullah SAW melakukan perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa dan dilanjutkan ke Sidratul Muntaha. Dalam perjalanan ke Sidraul Muntaha terjadi percakapan antara Rasulullah dengan beberapa nabi.

Dalam perjalanan itu terjadi tawar menawar untuk meringankan jumlah sholat. Akhirnya ketika Rasulullah SAW sampai ke Sidratul Muntaha, akhirnya Allah SWT memberikan keringanan kepada umat Nabi Muhammad SAW untuk sholat hanya lima waktu saja dalam sehari semalam.

Peristiwa ini dijelaskan dalam hadist shahih Bukhari dan Muslim yang artinya:

"Allah SWT pada malam Isra' mewajibkan atas umatku lima puluh solat, kemudian aku terus-menerus kembali kepada Allah SWT dan memohon keringan sehingga Allah SWT menjadikannya menjadi lima sholat sehari semalam." (HR. Bukhari dan Muslim)


Berikut dalil-dalil pelaksanaan sholat dan waktunya:

Surat Al Isra Ayat 78

Artinya: "Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) subuh. Sesungguhnya sholat subuh itu disaksikan (oleh malaikat)." (QS. Al-Isra: 78).

Surat Hud Ayat 114

Artinya: "Dan dirikanlah sholat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat." (QS Hud: 114).


Surat Ar Rum ayat 17-18

"Maka bertasbihlah kepada Allah pada petang hari dan pada pagi hari (waktu subuh), dan segala puji bagi-Nya baik di langit, di bumi, pada malam hari dan pada waktu zuhur (tengah hari)." (QS. Ar-Rum: 17-18)

Dilansir dari Bincang Syariah, di dalam kitab Al-Fiqh Al-Manhaji Ala Madzhab Al-Imam Asy-Syafii karya Dr. Mustafa Al-Bagha, Mustafa Al-Khan, dan Ali Asy-Syarbaji dikatakan sebagai berikut.

Ibnu Abbas ra (sahabat Rasulullah SAW yang mendapatkan julukan Tarjumanul Quran/penerjemah Alquran dan ahli tafsir) mengatakan bahwa yang dimaksud firman Allah SWT. (Hiina tumsuuna/pada petang hari) adalah sholat Maghrib dan sholat Isya, firman (Hinna tushbihuuna/pada pagi hari) adalah sholat Shubuh, (wa Asyiiyyan/malam hari) adalah sholat Ashar, dan firman (wa hiina tudhiruun/pada waktu Zuhur) adalah sholat Dhuhur.


Surat An Nisa Ayat 103

Artinya: "Sungguh, sholat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman." (QS. An Nisa: 103)

Berdasarkan ayat itu, secara jelas sholat wajib dilakukan dan ada batas waktunya.

Hadis riwayat Ibnu Abbas r.a.

Dari Ibnu Abbas ra bahwasannya Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam telah mengutus Muadz ra ke Yaman, lalu beliau bersabda kepadanya "Ajaklah mereka (penduduk Yaman) untuk bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan sungguh aku adalah utusan Allah, jika mereka menaatinya, maka beritahukan mereka bahwa Allah telah mewajibkan kepada mereka lima sholat dalam sehari semalam." (HR. Al-Bukhari)

Dari dalil-dalil di atas secara jelas disebutkan kewajiban sholat. Dan sholat dilaksanakan berdasarkan waktu yang telah ditentukan sebanyak lima kali dalam sehari semalam.

Wa Allahu a'lam bis Shawab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait