Pesawat Rakitan Warga Lamongan Dibeli Pemerintah Ceko

  • Arry
  • 18 Des 2021 08:07
Pesawat berjenis STOL hasil rakitan Heri Suyanto, pria asal Lamongan(ist/ist)

Heri Suyanto membuat geger saat membawa pulang pesawat rakitannya ke kampungnya di Dusun Tronggolonggong, Desa Sumberagung, Kecamatan Modo, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Pesawat rakitan Suyanto  ternyata bukan hanya satu. Suyanto mengaku sudah memproduksi tiga pesawat sekaligus.

"Sudah tiga ini (pesawat yang dibuat)," kata Suyanto dikutip dari timesindonesia, Sabtu, 18 Desember 2021.

Suyanto mengklaim dua pesawat yang dibuat terdahulu sudah dibeli Pemerintah Ceko. Menurutnya, dua pesawat itu dirakit di kampung halaman sang istri yang berada di Desa Cintajaya, Kecamatan Lakbok, Ciamis, Jawa Barat.

"Setelah tidak lagi menjadi TKI saya menetap di Ciamis, rumah istri, sekalian coba buat pesawat dari pengalaman yang saya dapat. Sudah tiga ini (pesawat yang dibuat), dua lainnya sudah dibeli oleh pemerintah Republik Ceko tahun lalu," kata Suyanto.

Baca Juga
Kisah Suyanto Mudik ke Lamongan Bawa Pesawat Terbang Rakitan Sendiri

Sementara satu pesawat lainnya dia bawa ke kampungnya di Lamongan. Sebelum dibawa, pesawat itu dipereteli menjadi beberapa bagian seperti sayap, baling-baling, hingga roda. Sehingga mudah diangkut dalam truk.

"Untuk pesawat yang saya rakit sendiri di Lamongan ini, kita bawa dari Ciamis dengan diangkut truk, kenapa saya rakit di Lamongan saya ingin memberikan motivasi kepada anak-anak muda bahwa orang Indonesia juga bisa membuat pesawat terbang sendiri," jelas dia.

Pria lulusan Sekolah Teknik Menengah (STM) di Kecamatan Babat, Lamongan itu megaku mendapat ilmu membuat pesawat selma bekeja sebagai TKI di Ceko. "Saya hanya lulusan STM, tapi sempat jadi TKI (Tenaga Kerja Indonesia) di Republik Ceko," ujar Suyanto.

Menurutnya, pesawat rakitannya ini sudah siap terbang. Namun, dirinya masih menunggu uji kelaikan dan pembuatan identitas pesawat.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait