Heboh Dentuman Misterius di Langit Yogyakarta: Suara Gunung Merapi atau Sonic Boom?

  • Arry
  • 9 Mar 2022 16:55
Ilustrasi Langit(@dpascoa/unsplash)

Warga DI Yogyakarta dihebohkan dengan suara dentuman misterius yang terdengar pada Rabu, 9 Maret 2022, pagi. Suara misterius itu pun viral di media sosial.

Akun Twitter @heryprasty berkicau tentang suara dentuman tersebut. Menurutnya, suara dentuman terdengar di Muntilan, Magelang, Jawa Tengah dan sekitar Sleman, DIY.

"@alvinlie21 Mohon pencerahan. Sekitar Muntilan Magelang, dan sekitar Sleman DIY tadi pagi dikejutkan dengan dentuman. Sampai pintu dan kaca bergetar. Info yg ada karena sonic boom pesawat tempur. Yang dilihat adalah pesawat latih berbaling2. Apa yg terjadi?," tulisnya.

Sementara itu akun Dinas Komunikasi dan Informatika DI Yogyakarta mengungkapkan dentuman tidak terkait dengan aktivitas Gunung Merapi.

"Terkait suara dentuman terdengar oleh sebagian besar masyarakat di DIY dan sekitarnya pada pukul ±10.00 WIB, disampaikan oleh @BPPTKG bahwa kejadian tsb tidak berkaitan dengan #Merapi. Seismogram stasiun PUSS pukul ±10.00 tidak menunjukkan aktivitas yg signifikan," cuit @kominfoDIY.

Heboh dentuman misterius di langit Yogyakarta

Selain itu, akun @merapi_uncover mempertanyakan asal dentuman itu ke TNI AU.

"Mungkin @_TNIAU bisa memberikan informasi mengenai suara gemuruh pagi ini yang sempet menggegerkan warga masyarakat di Sleman dan juga sebagian Magelang ?" cuit @merapi_uncover.

Seorang warganet membalas cuitan itu dan mengunggah foto surat pemberitahuan dari Pangkalan TNI AU Adisutjipto. Dalam surat pemberitahuan disebutkan bakal ada ledakan yang akan dilakukan.

Ledakan itu terkait upacara pembukaan latihan berganda Merak Sakti. Namun, ledakan tersebut dilakukan pada Senin, 7 Maret 2022.

Heboh dentuman misterius di langit Yogyakarta

Warganet lainnya pun banyak menyebut suara ledakan dari sonic boom pesawat tempur. Sonic boom ini adalah gelombang kejut yang disebabkan pesawat-pesawat super sonik.

"Memang ada melintas pesawat tempur di wilayah YIA. Belum bisa (dipastikan apakah dentuman dari pesawat)," kata seorang warganet.

Sementara itu BMKG Yogyakarta menyatakan pihaknya tidak mendeteksi aktivitas alam yang mengeluarkan dentuman.

"Kami tidak mendeteksi adanya aktivitas alam yang mengeluarkan suara dentuman di sekitar Yogyakarta, baik dari kegempaan maupun fenomena cuaca," kata Kepala Stasiun Meteorologi YIA, Warjono, dalam keterangannya.

 

Baca Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait