Maia Estianti Dilarikan ke IGD, Sakit Apa?

  • Arry
  • 26 Mar 2022 17:56
Maia Estianty dan suaminya, Irwan Mussry(@maiaestiantyreal/instagram)

Kabar tak sedap dialami Maia Estianty. Istri pengusaha Irwan Mussry itu dilarikan ke rumah sakit pada Jumat, 25 Maret 2022 malam.

Hal ini diungkapkan Maia dalam akun Instagram pribadinya. Menurut mantan istri Ahmad Dhani itu, dia dibawa ke Instalasi Gawat Darurat di salah satu rumah sakit oleh putra bungsunya, Dul Jaelani.

"Mamaknya tumbang, dianter ke IGD ama anak bontot tengah malem… So sweet….. @duljaelani … Love you," tulis Maia Estianty dikutip Sabtu, 26 Maret 2022.

Maia Estianty dilarikan ke rumah sakit

Dalam unggahannya, Maia mengunggah foto sedang duduk di tempat tidur rumah sakit. Tampak selang infus tertanam di tangannya.

Baca Juga
Disebut Cerai dengan Irwan Mussry, Maia Estianty: Buset, Becandanya Kelewatan

Maia mengaku, dia dilarikan ke rumah sakit lantaran diserang Gastroesophageal reflux disease atau GERD alias asam lambung.

"Pertama kali kena GERD… ampun deh.. sakitnya," kata Maia.

Apa itu penyakit GERD?

GERD alias asam lambung merupakan suatu kondisi yang menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan. Hal tersebut dapat memicu sensasi dada yang seperti terbakar.

Gerd alias asam lambung bisa dikenali dengan gejala sensasi terbakar di dada, sering bersendawa, mual dan muntah, muncul gejala mag, serta sesak nafas. Selain itu bisa juga menyebabkan mulut terasa asam.

Baca Juga
Laura Anna Sakit Asam Lambung Sebelum Meninggal, Apa Gerd Bisa Sebabkan Kematian?

Penyakit asam lambung yang tidak ditangani dengan tepat bisa memicu komplikasi. Hal ini bisa dialami oleh seseorang yang memiliki risiko tinggi seperti lansia, obesitas, perokok aktif, kehamilan, serta sering langsung berbaring setelah makan.

Komplikasi yang bisa muncul akibat Gerd atau asam lambung yakni:

  • Luka pada Kerongkongan
    Penyakit asam lambung yang terjadi dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan luka pada dinding kerongkongan. Hal ini terjadi karena asam lambung yang melewati kerongkongan bisa mengikis dinding kerongkongan dan menimbulkan luka. Kondisi ini bisa membuat kerongkongan berdarah dan nyeri saat menelan.
  • Iritasi Kerongkongan
    Asam lambung naik bisa menyebabkan kerongkongan teriritasi. Dalam waktu lama, hal ini akan membuat luka dan terbentuknya jaringan parut pada kerongkongan. Jaringan parut yang terbentuk bisa mengakibatkan kerongkongan atau esofagus menyempit.
  • Kanker Esofagus
    Pada kondisi yang parah, asam lambung, bahkan bisa memicu kanker esofagus. Kondisi ini biasanya diawali dengan esofagus barrett, yaitu perubahan pada dinding sel kerongkongan akibat iritasi asam lambung yang terjadi terus-menerus.

Jadi, Gerd tidak menyebabkan kematian mendadak. Meski demikian, tetap saja harus diwaspadai dan harus ditangani dengan tepat agar tidak muncul komplikasi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait