Ditemukan 114 Kasus Suspek Hepatitis Misterius di Jatim

  • Arry
  • 5 Mei 2022 20:48
Ilustrasi Hepatitis (ist/ist)

Dinas Kesehatan Jawa Timur mengungkapkan temuan 114 kasus suspek Hepatitis Akut Misterius. Jumlah ini tercatat tersebar di 18 kabupaten dan kota di Jatim hingga 4 Mei 2022.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur, dokter Erwin Astha Triyono, menjelaskan, temuan ini didasarkan pada data Sistem Kewaspadaan Dini dan Respons (SKDR). Dari data itu disebutkan ada peningkatan kasus suspek hepatitis akut misterius pada tiga pekan terakhir.

"Usia umum tidak hanya di bawah 16 tapi juga di atasnya," kata dokter Erwin dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 5 Mei 2022.

"Ada kecenderungan naik terus, sehingga antisipasi perlu dilakukan segera," ujarnya.

Baca Juga
Hepatitis Misterius Bikin 3 Anak di Jakarta Meninggal, Benarkah Terkait Vaksin Covid?

Menurutnya, Dinkes Jatim kini terus berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten maupun kota di Jatim untuk menekan penyebaran hepatitis akut misterius yang belum diketahui penyebabnya ini.

"Dinkes Jatim juga terus melakukan promosi kesehatan melalui media KIE agar masyarakat dapat memahami gejala hepatitis akut tersebut," katanya.

Dokter Erwin pun berharap seluruh fasilitas pelayanan kesehatan di Jatim untuk siap dan sigap melaporkan bila ditemukan kasus Hepatitis Akut di wilayahnya. Hal ini agar dapat dilakukan penanganan segera.

"Segera melaporkan ke Dirjen P2P Kemenkes RI melalui Dinkes Jatim jika menemukan kasus sesuai dengan gejala hepatitis akut yang tidak diketahui penyebabnya untuk dilakukan penyelidikan epidemiologi lebih lanjut," katanya.


Selanjutnya 3 anak di Jakarta meninggal dunia akibat Hepatitis Akut Misterius >>>

 

Berita Terkait