Satu Anak Meninggal Dunia Diduga Terjangkit Hepatitis Akut

  • Arry
  • 8 Mei 2022 15:06
Ilustrasi Hepatitis akut misterius(ist/ist)

Seorang anak berusia tujuuh tahun di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, meninggal dunia. Dia diduga menderita penyakit hepatitis akut.

Kasus itu dikonfirmasi Kepala Dinas Kesehatan Tulungagung, dokter Kasil Rokhmat, Sabtu, 7 Mei 2022.

'Ya… sudah konfirmasi (hepatitis of uknown)," kata dr Kasil.

Dokter Kasil menjelaskan, pasien anak tersebut sempat dirawat di RSUD dr. Iskak Tulungagung. Saat dirawat, pasien itu memiliki gejala identik dengan penyakit hepatitis.

Baca juga
Ditemukan 114 Kasus Suspek Hepatitis Misterius di Jatim

Namun penyebab dan sumber hepatitisnya belum diketahui. Berdasarkan hasil laboratorium, tidak terdeteksi virus hepatitis A, B, C, D, maupun E.

Dokter Kasil menjelaskan, pasien tersebut dikonfirmasi positif hepatitis akut didasarkan pada kriteria Kementerian Kesehatan dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Kriteria itu antara lain ada gejala penyakit kuning, berusia di bawah 10 tahun, dan tidak ada penyebab lain. Selain itu, muncul gejala lain seperti demam, diare, urine berwarna lebih pekat dan feses berwarna pucat.

Dokter Kasil menjelaskan, kasus ini berawal saat pasien mengalami demam dan muntah-muntah sekitar empat hari. Pasien sempat diperiksakan ke RS swasta dan akhirnya dirujuk ke RSUD dr Iskak.

Namun pada Jumat 6 Mei 2022, pasien meninggal dunia. Dengan tambahan kasus ini, sudah ada empat pasien anak yang meninggal dunia. Sebelumnya, ada tiga pasien yang meninggal dunia di RSCM Jakarta akibat terkonfirmasi hepatitis akut.

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait