Sejarah Lengkap Museum Wayang Jakarta, Berapa Harga Tiket Masuknya?

  • Arry
  • 13 Jul 2022 16:28
Museum Wayang Indonesia(humas/jatengprov.go.id)

Jakarta memiliki banyak museum. Salah satunya adalah Museum Wayang.

Museum Wayang ini terletak di Jalan Pintu Besar Utara Noor 27, Jakarta, atau berada di kawasan wisata Kota Tua.

Museum Wayang ini memiliki sejarah yang panjang. Melansir laman Museum Wayang, bangunan yang saat ini dijadikan museum merupakan bekas sebuah gereja milik Belanda atau De Oude Hollandsche Kerk. Konon, bangunan ini dibangun pada 1640.

Pada 1732, Belanda merenovasi bangunan ini dan berubah nama menjadi De Nieuwe Hollandse Kerk atau Gereja Baru Belanda. Namun pada 1808, bangunan ini hancur akibat gempa bumi besar.

Di lokasi bekas reruntuhan itu kemudian dibangun sebuah gedung yang kini dikenal sebagai Museum Wayang. Gedung ini diresmikan sebagai Museum Wayang pada 13 Agustus 1975.

Ada apa saja di dalam Museum Wayang?

Di Museum Wayang pengunjung dapat melihat langsung berbagai jenis wayang. Mulai dari Indonesia hingga boneka wayang dari mancanegara.

Koleksi yang dapat disaksikan seperti wayang kulit, wayang golek, koleksi wayang dan boneka dari negara negara tetangga seperti seperti Malaysia, Thailand, Suriname, Cina, Vietnam, Perancis, India dan Kamboja, termasuk juga koleksi set gamelan dan juga lukisan wayang.

Selain koleksi wayang, di museum ini Anda juga dapat melihat koleksi piring yang menjadi tanda batu nisan Jan Pieterszoon Coen, Gubernur Jenderal VOC pada masa penjajahan.

Selain itu, di Museum Wayang ini juga ada teater wayang. Bagi yang tertarik untuk mencari tahu cara membuat wayang, juga bisa belajar di museum ini.

Berapa harga tiket masuknya?

Museum Wayang dibuka setiap hari Selasa hingga Minggu. Jam operasional mulai jam 09.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Untuk harga tiket, bagi pengunjung dewasa akan dikenakan tiket sebesar Rp 5.000. Sedangkan pelajar harus membayar Rp 3.000 dan anak-anak Rp 2.000.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait