Profil Irjen Ferdy Sambo, Kadiv Propam Polri yang Istrinya Diduga Dilecehkan

  • Arry
  • 12 Jul 2022 15:01
Kadiv Propam Mabes Polri Irjen Ferdy Sambo(humas/polri.go.id)

Baku tembak antarpolisi terjadi di rumah dinas Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo pada Jumat, 8 Juli 2022. Peristiwa itu melibatkan dua anggota Polri yakni Brigadir J alias Nopransyah Yosua Hutabarat dan Bharada E.

Brigadir J atau Yosua adalah anggota Bareskrim Polri yang ditugaskan sebagai sopir istri Irjen Ferdy, Putri Ferdy Sambo. Sedangkan Bharada E adalah pengawal Irjen Ferdy Sambo.

Dalam peristiwa baku tembak, yang baru diungkap Polri pada 11 Juli ini, menewaskan Brigadir J. Dia tewas usai tertembus peluru yang dilepas Bharada E.

Siapa Irjen Ferdy Sambo?

Irjen Ferdy Sambo merupakan jenderal bintang dua termuda di Polri. Pria kelahiran 9 Februari 1973 itu adalah lulusan Akpol pada 1994.

Baca juga
2 Polisi Baku Tembak di Rumah Pejabat Polri Tewaskan 1 Orang, Ini Kronologinya

Sebelum menjabat Kadiv Propam, Irjen Ferdy adalah Dirtipidum Bareskrim Polri. Pangkatnya kemudian naik menjadi bintang dua pada 4 Desember 2020.

Irjen Ferdy Sambo banyak menghabiskan kariernya di bagian reserse. Tercatat dia pernah menjabat Kasat Reskrim Polres Jakarta Barat pada 2010, Kapolres Purbalingga pada 2012, dan Kapolres Brebes pada 2013.

Pada 2015, Irjen Ferdy Sambo ditarik sebagai Wadirreskrimum Polda Metro Jaya. Satu tahun kemudian, dia dapat promosi sebagai Kasubdit IV Dittipudum Bareskrim Polri.

Kariernya terus melesat. Pada 2019, dia kemudian dipercaya sebagai Dirtipidum Bareskrim Polri.

Sejumlah kasus yang pernah ditangani Irjen Ferdy Sambo seperti kasus teror bom Thamrin pada 2016, kasus kebakaran Gedung Kejaksaan Agung, hingga pengusutan kasus korupsi Djoko Tjandra.


Selanjutnya Brigadir J tewas ditembak di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait