Tiket Pesawat Mahal, Ini 9 Cara Untuk Dapat Harga Tiket Murah Ala Pegipegi

  • Arry
  • 15 Jul 2022 18:09
Ilustrasi pemesanan tiket pesawat online(ist/ist)

Harga tiket pesawat saat ini dikeluhkan traveler. Kenaikan harga tiketnya bisa mencapai dua kali lipat.

Namun, bagi yang gemar bepergian tapi takut tiket pesawat mahal, pegipegi.com memberikat tips cara membeli tiket pesawat dengan harga murah.

Melansir laman resmi Pegipegi, berikut cara mendapatkan tiket pesawat murah:

1. Pesan tiket pesawat jauh-jauh hari

Cara ini sudah banyak diterapkan banyak orang. Untuk keberangkatan domestik, tiket pesawat sudah dapat dipesan minimal 60 hari sebelum keberangkatan. Sedangkan untuk tujuan internasional, bisa dipesan minimal 150 hari sebelum keberangkatan.

Harga tiket cenderung akan naik jika pemesanan dilakukan menjelang keberangkatan. Data juga menunjukkan bahwa tiket pesawat menjadi lebih murah jika kamu memesannya pada hari Selasa atau pada tanggal 20 ke atas.


2. Berburu tiket pesawat di malam hari

Cara lain untuk memburu tiket pesawat murah adalah waktu malam hari. Sebab, pemburu tiket pada malam hari jarang dan minim pesaing. Idealnya berburu tiket dimulai pukul 11 malam.


3. Booking lewat online travel agent (OTA)

Memesan melalui agen travel online. Biasanya Banyak sekali promo yang ditawarkan saat memesan tiket melalui online travel agent atau OTA. Promo tersebut biasanya berasal dari kartu kredit. Ssalah satu OTA yang bisa dikunjungi adalah pegipegi.com. Pemesanan bisa melalyi website maupun aplikasi dari Google Play atau App Store.


4. Berangkat ketika weekdays dan tengah malam

Pilih penerbangan saat weekdays. Karena biasanya tiket saat pertengahan pekan itu lebih murah dibanding saat weekend. Selain itu, pilih waktu penerbangan malam atau subuh.


5. Gunakan mode incognito

Saat melakukan pencarian tiket melalui website, biasanya harga tiket akan terus naik seiring dengan seringnya kita melakukan pencarian. Untuk mencegah hal tersebut, gunakan mode incognito (private browsing) pada browser yang Anda gunakan.

Caranya:

  • Pengguna browser Google Chrome, tekan Command (atau “Ctrl” jika Anda menggunakan PC), Shift, lalu “N”.
  • Pengguna browser Mozilla Firefox, tekan Command, Shift, lalu “P”.
  • Pengguna browser Safari, klik Safari pada menu lalu pilih “Private Browsing”.

Dengan cara ini, cookie pada browser Anda akan ter-reset setiap kamu membuka window mode incognito baru. Agar hasil search kamu sebelumnya terhapus, tutup semua window dengan mode incognito tersebut lalu buka yang baru.


6. Pilih penerbangan dengan rute transit

Untuk rute internasional, pilih penerbangan dengan rute alternatif atau transit. Cara ini dapat menghemat biaya perjalanan karena seringkali tiket terusan (tanpa transit) lebih mahal dibandingkan jika kamu membeli tiket dengan transit.

Misalnya, kamu traveling ke Paris dengan membeli tiket terusan, sehingga kamu perlu mengeluarkan biaya sebesar $900 USD. Namun jika kamu membeli tiket ke Dublin sebesar $600 USD lalu tiket ke Paris sebesar $60 USD, kamu dapat menghemat $240 USD. Jumlah yang cukup lumayan, bukan?


7. Jangan memborong tiket pesawat

Jika berencana terbang dalam kelompok, jangan pesan tiket sesuai jumlah robongan. Anda pasti akan dikenakan biaya mahal dibanding jika memesan satu tiket.

Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuka website dalam jumlah window sesuai jumlah rombongan lalu search secara bersamaan. Semua window yang kamu buka tersebut akan menunjukkan harga yang sama dan kamu hanya perlu meng-klik satu persatu untuk membeli.


8. Gunakan dua maskapai yang berbeda

Cobalah untuk menggunakan maskapai yang berbeda untuk kepergian dan kepulangan karena biasanya harganya jauh lebih murah ketimbang menggunakan maskapai yang sama. Hal ini memang lebih merepotkan dan nggak praktis jika kamu memesan tiket pesawat langsung di website maskapai penerbangan.

Tapi, jika kamu memesan tiket pesawat di online travel agent, kamu bisa langsung membandingkan harga masing-masing tiket dan memilih maskapai dengan harga paling bersaing.


9. Pilih bandara sekunder

Kota-kota besar biasanya memiliki bandara sekunder yang lebih kecil. Bagi sebuah maskapai penerbangan, mendaratkan pesawatnya di bandara sekunder memakan lebih sedikit biaya dibandingkan jika pesawat mendarat di bandara utama.

Hal ini juga memengaruhi harga tiket pesawat, sehingga seringkali hargatiket pesawat yang mendarat di bandara sekunder relatif lebih rendah dibandingkan harga tiket pesawat yang mendarat di bandara utama.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait