Siapa Sosok yang Disebut Nabi Muhammad Tiga Kali Masuk Surga?

  • Arry
  • 20 Agt 2021 05:33
Ilustrasi(@chiplanay/pixabay.com)

Nabi Muhammad pernah menyebutkan ada seorang lelaki yang bakal masuk surga. Padahal tidak banyak ibadah lebih yang dia lakukan. Bahkan, Rasulullah sampai tiga kali menyebut sosok itu. Siapa orang itu?

Dikutip dari buku Jangan Takut Hadapi Hidup karya Dr Aidh Abdullah Al-Qarny, dikisahkan, Rasulullah sedang duduk bersama para sahabat di masjid. Saat itu datang seorang pria masuk ke masjid setelah wudhu dan membiarkan air menetes dari janggutnya sambil memegang sandal yang ia pakai dengan tangan kirinya.

"Lihatlah orang yang berada di pintu, dia adalah salah seorang penghuni surga," kata Rasulullah kepada para sahabat.

Lantas lelaki itu masuk ke dalam masjid dan sholat dua rakaat.

Pada hari kedua Rasulullah mengucapkan hal yang sama terhadap lelaki itu, "Lihatlah orang yang berada di pintu, dia adalah salah seorang penghuni surga." Lantas lelaki itu masuk ke dalam masjid.

Pada hari ketiga Rasulullah kembali mengucapkan hal yang sama.

Ibnu Umar pun penasaran. Dia kemudian menghampiri lelaki itu dan izin menginap di rumahnya.

Setelah beberapa hari Ibnu Umar dalam rumahnya, ia tidak melihat sesuatu yang lebih dalam diri lelaki itu. Ibnu Umar juga tidak melihat lelaki itu banyak puasa dan juga tidak banyak sholat.

Ibnu Umar bertanya kepada lelaki itu, "Apa yang kamu lakukan, sungguh aku mendengar Rasulullah berkata, 'lihatlah orang yang berada di pintu, dia adalah salah seorang penghuni surga' tiga kali setiap kali kamu masuk ke masjid dalam tiga hari."

Lelaki itu berkata, "Kamu sudah melihat bagaimana ibadahku, sholatku, puasaku dan sholat malam yang aku lakukan, tetapi kamu masih bertanya tentang hal itu. Demi Allah aku tidak pernah membiarkan malamku lewat begitu saja sementara pada malam itu masih tersimpan dalam hatiku hasad, dendam dan perasaan benci terhadap seseorang." (HR Ahmad).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait