Intip Makanan Favorit 7 Presiden Indonesia, Kuliner Tradisional Jadi Andalan

  • Arry
  • 22 Agt 2022 14:52
Ilustrasi makanan sarapan(Haryo Setyadi/unsplash)

Tujuh Presiden Indonesia memiliki makanan favorit. Dari berbagai kuliner yang telah mereka cicipi, ternyata para presiden lebih menyukai makanan tradisional.

Penasaran kuliner apa saja yang menjadi favorit dari Presiden Indonesia, ini daftarnya:

1. Soekarno

Soekarno adalah Presiden pertama Indonesia. Melansir sejumlah buku biografinya, terungkap Bung Karno sangat menyukai tempe, terutama tempe bacem.

Pria kelahiran Surabaya, Jawa Timur itu pun juga sangat menyukai pecel. Di Blitar, Bung Karno memiliki warung pecel favoritnya, bernama Mbok Pin. Makanan lainnya yang disukai adalah ikan bumbu balado, nasi jagung, hingga sayur lodeh.


2. Soeharto

Soeharto adalah Presiden kedua Indonesia. Makanan favorit Pak harto adalah hidangan rumahan.

Hal ini diungkapkan putrinya, Titiek Soeharto. Menurutnya, sang ayah sangat menyukai tahu dan tempe. Mulai digoreng bisa hingga dibacem.

    Tahu dan tempe bacem

Untuk menu sarapan, Soeharto menyukai nasi goreng sambal bawang. Dia juga suka makanan seperti semur lidah, pindang bandeng, dan sayur lodeh.

"Camilan favoritnya rebusan kacang, pisang, dan ubi-ubian," kata Titiek Soeharto.

Titiek juga mengungkapkan, ibunya, Ibu Tien Soeharto memiliki resep sambal spesial untuk keluarganya.

Sementara sang ibu, Ibu Tien kerap membuatkan sambal spesial untuk Soeharto dan keluarganya. Bahan-bahannya adalah cabe merah, bawang merah, tomat, garam, gula, dan terasi.

"Bahan-bahan itu diulek tidak terlalu lembut, kemudian yang bikin istimewa disiram minyak jelantah mendidih dan ditaburi sedikit irisan kecil kulit jeruk purut. Dimakan pakai ikan/cumi bakar atau goreng... Enak banget," kata Titiek Soeharto.

Selanjutnya >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait