Ada Daftar 15 Obat Mengandung Etilen Glikol Penyebab Gangguan Ginjal, Ini Kata Kemkes

  • Arry
  • 20 Okt 2022 11:35
Ilustrasi obat(ist/ist)

Kementerian Kesehatan menyatakan ada 15 obat sirup yang mengandung zat Etilen Glikol. Zat tersebut disebut menjadi pemicu penyakit gangguan ginjal akut misterius pada anak.

Usai pengumuman yang disampaikan Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono, media sosial ramai dengan daftar 15 obat sirup yang diklaim mengandung Etilen Glikol.

Unggahan itu memberi judul "Wamenkes: 15 dari 18 Obat Sirop Mengandung Etilen Glikol"

Baca juga: Apotek Diminta Setop Sementara Jual Obat Sirup untuk Anak

Pengunggah kemudian merilis daftar 15 obat sirup tersebut.

"Psidii Syrup (Psidium gujava folium extract), Paracetamol Syrup, Cetirizine Syrup, Paracetamol Syrup, Curviplex Syrup, Cetirizine Syrup, Ambroxol Syrup, Alerfed SyrupRanivel Syrup, Praxion Syrup, Domperidon Syrup, Paracetamol Syrup, Ambroxol Syrup, Paracetamol Syrup dan Hufagripp Syrup."

Kementerian Kesehatan pun langsung buka suara soal beredarnya daftar obat sirup mengandung Etilen Glikol yang beredar di media sosial.

Baca juga: IDAI Klarifikasi Soal Stop Parasetamol Cair Untuk Anak: Bukan Hindari, tapi Hati-hati

"Dapat kami pastikan bahwa informasi tersebut tidak benar," kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan, Mohammad Syahril, dalam keterangan tertulis.

Syahril menegaskan, Kementerian Kesehatan tidak pernah mengeluarkan daftar yang memuat nama obat dan identifikasi kandungan senyawanya seperti yang beredar di media sosial.

"Saat ini Kementerian Kesehatan dan BPOM masih terus menelusuri dan meneliti secara komprehensif termasuk kemungkinan faktor risiko lainnya," kata Syahril.


Selanjutnya Wamenkes ungkap 15 dari 18 obat sirup mengandung Etilen Glikol >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait