Tempe Bacem Hingga Rujak Saus Bali Jadi Sajian Makan Untuk Kepala Negara KTT G20

  • Arry
  • 16 Nov 2022 17:34
Gala Dinner KTT G-20(sekretariat presiden/youtube)

Sejumlah kepala negara dan kepala lembaga internasional mengikuti KTT G-20 yang digelar di Bali. Dalam kesempatan itu, mereka juga sempat mencicipi sajian kuliner tradisional Indonesia mulai dari tempe bacem hingga rujak saus Bali.

Para kepala negara itu dua kali mencicipi sajian kuliner Indonesia. Yakni pada kegiatan makan siang dan gala dinner. Dua kegiatan itu digelar di Bamboo Dome, Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali, Selasa, 15 November 2022.

"Selamat menikmati makan siangnya. Enjoy your lunch,” kata Presiden Joko Widodo mengawali langsung makan siang tersebut yang diikuti kepala negara dunia dan para delegasi.

Menu makan siang yang disajikan adalah menu Nusantara. Menu yang disiapkan untuk vegetarian dan non-vegetarian.

Bagi yang non-vegetarian menu pembuka disajikan selada udang Bangka, cumi bumbu rujak, dan sate pusut Mandalika. Untuk menu utama tersedia panggang ikan barramundi bumbu Bali, terik sirloin wagyu dan nasi ungu urap sayur yang mewakili Sumatera, Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara Barat.

Baca juga
10 Oleh-oleh Khas Bali yang Bisa Diborong Joe Biden Cs Usai KTT G-20

Makanan utama juga ditambah dengan emping Yogya dan kerupuk udang. Sedangkan makanan penutup berupa pudding Nangka dan kelapa muda disiram gula palem.

Sedangkan menu vegetarian terdiri dari selada tahu Bangka, bunga labu bumbu rujak, dan sate pusut nangka Mandalika sebagai menu pembuka. Sedangkan menu utama berupa labu panggang bumbu Bali, terik tempe bacem dan nasi ungu urap sayur, juga emping Yogya yang renyah. Makanan penutup sama dengan menu non vegetarian.

Tempe bacem

Pada malam harinya, para kepala negara seperti Presiden China Xi Jinping kembali disajikan kuliner khas Indonesia.

Baca juga
Resep Tempe Bacem, Nikmat dan Mudah Dibuat

Panitia nasional menyajikan makanan pembuka Aneka Ratna Mutumanikam (Diversity in One) yang terdiri dari rujak saus Bali yang terdiri dari manga, rumput laut, bengkoang, scallop, kepiting dan jeruk Bali. Sajian menu pembuka ini disandingkan dengan bakwan jagung Manado.

Sementara makanan utama yang disajikan adalah adalah daging tenderloin wagyu Lampung dengan saus rendang Sumatera Barat dan singkong serta kentang, wortel kecil dari Likupang salsa, asparagus Bali.

Untuk hidangan penutupnya, disiapkan mousse coklat dari Aceh, jel mangga, beras ketan dengan taburan kelapa kering dan saus mangga.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait