10 Oleh-oleh Khas Bali yang Bisa Diborong Joe Biden Cs Usai KTT G-20

  • Arry
  • 15 Nov 2022 13:38
Pie Susu Bali(ist/ist)

Sejumlah kepala negara saat ini tengah berkumpul di Bali untuk mengikuti KTT G-20. Mulai dari Presiden Amerika Serikat hingga Presiden China Xi Jinping.

Selama di Bali, Biden hingga Xi Jinping dapat menikmati berbagai hal. Mulai dari pemandangan hingga adat budaya setempat.

Selain itu, jika kembali ke negaranya masing-masing, mereka pun bisa memborong sejumlah oleh-oleh khas Bali. Mulai dari makanan hingga kerajinan.

Berikut oleh-oleh khas Bali yang bisa diborong Joe Biden Cs usai mengikuti KTT G-20:

1. Pie Susu

    Pie Susu Bali

Pie susu merupakan oleh-oleh khas Bali yang paling dicari. Pie susu ini memiliki ciri khas berbentuk bulat tipis. Pinggirannya juga renyah dan bagian tengah diisi susu creamy. Kini topping pie susu sudah beragam mulai dari rasa kismis, kacang almond hingga choco chips.

Harga pie susu beragam. Tergantung dari merek dan toppingnya. Harga pie susu dibanderol mulai Rp20.000.

Merk pie susu yang biasa diserbu adalah Pie Susu Bali Dhian, Nirmala, Sisy Bal dan Bli Man dengan harga terjangkau.

2. Pia Legong

Pia legong merupakan salah satu kuliner tradisional Bali juga. Pia legong bentuknya mirip bakpia khas Yogyakarta.

Pia legong memiliki tiga varian rasa yakni kacang hijau, cokelat, dan keju. Kue ini juga tahan lama, bisa disimpan hingga dua minggu.

Untuk harganya, pia legong biasa dikemas dalam satu kotak kardus yang berisi 8 buah. Satu kotak kardus dibadnerol mulai Rp100.000.

3. Kacang Karoko Bali

Kacang karoko adalah salah satu makanan khas Bali. Kacang karoko Bali ini bentuknya pipih dan tipis dengan rasa yang gurih dan renyah.

Kacang karoko Bali menawarkan berbagai varian rasa. Mulai dari rasa asin, pedas, atau rasa barbeque. Untuk harganya dibanderol mulai Rp10.000 per bungkus.

4. Kopi Kintamani

Kopi Kintamani Bali

Bagi pecinta kopi, kopi Kintamani bisa menjadi oleh-oleh yang cocok untuk dibawa pulang. Rasa kopi Kintamani ini berebeda dibanding kopi lainnya yakni memiliki cita rasa asam.

Cita rasa kopi ini tercipta karena kopi Kintamani tumbuh di antara pohon jeruk dan cokelat. Serta dibudidayakan di dataran tinggi Kintamani yang memiliki iklim dingin dan kering dan tanah vulkanik.

Kopi Kintamani tersedia dalam kemasan bubuk, biji kopi, hingga permen kopi. Untuk harganya sangat terjangkau, tergantung kemasan dan jenis kopi yang dipilih.

5. Kacang Disko

Kacang disko juga menjadi oleh-oleh yang diburu selain pie susu hingga kopi Kintamani. Kacang disko ini diolah dengan cara digoreng kering setelah dibungkus adonan tepung dan bumbu.

Rasa kacang disko ini gurih dan renyah. Selain itu, kacang disko tersedia dalam berbagai varian rasa mulai dari manis, pedas manis, barbekyu, dan rasa udang.

6. Kerupuk Ceker Ayam

Kuliner lainnya yang bisa dijadikan oleh-oleh adakah kerupuk ceker ayam. Kerupuk ini rasanya asin, gurih dan kaya bumbu rempah.

Kerupuk ceker ayam ini selain nikmat dijadikan camilan atau sajian tambahan, namun juga kaya manfaat. Sebab, ceker ayam bisa mengurangi penyakit tulang.

Kerupuk ceker ayam tersedia dengan berabgam ukuran dan merek. harganya pun murah yakni mulai Rp15.000 per bungkus dengan kemasan 250 gram.

7. Batik Bali

Selain makanan, kerajinan Bali juga menarik menjadi oleh-oleh. Seperti batik khas Bali. Batik ini bisa didapati di beberapa toko di kawasan Denpasar.

8. Topeng Bali

Topeng Bali juga menarik untuk jadi oleh-oleh. Topeng Bali ini bisa dijadikan sebagai hiasan dinding di rumah. Selain itu juga bisa dijadikan sebagai hiasan meja.

9. Kerajinan Kayu

Bali kaya akan keanekaragam budaya. Masyarakatnya juga banyak yang berprofesi sebagai pengrajin ukiran kayu.

Kerajinan kayu khas Bali ini memiliki ragam bentuk dan menarik untuk dikoleksi.

10. Kain Sarung Bali

Kain sarung Bali memiliki motif yang sangat khas.. Teksturnya juga lembut. Kain sarung Bali ini biasa digunakan untuk menutupi bagian tubuh yang terbuka saat memasuki tempat suci di Bali.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait