7 Makanan dan Minuman yang Tak Boleh Disimpan di Kulkas

  • Arry
  • 11 Des 2022 10:59
Ilustrasi menyimpan bahan makanan di kulkas(ist/unsplash)

Kita terkadang suka memasukkan sisa makanan atau minuman ke kulkas. Tujuannya agar tetap segar jika mau dinikmati kembali.

Namun, tak semua makanan atau minuman boleh disimpan di kulkas. Sebab, alih-alih ingin mempertahankan kesegarannya, namun justru merusak kandungan dari bahan makanan tersebut.

Dikutip dari Health Shots, berikut tujuh makanan dan minuman yang tidak boleh disimpan di kulkas:

1. Pisang

Pisang berasal dari daerah tropis. Tentu tidak masuk akal ijka meletakkan buah tropis di lingkungan dingin. Pisang membutuhkan suhu ruangan untuk membantu pematangan buah dan cahaya dan udara untuk memperlambat proses pembusukan.

2. Tumbuhan herbal

Bumbu masak seperti kemangi, timi, rosemary, dan lainnya kerap disimpan di kulkas. Namun hal itu justru membuat bumbu tersebut menjadi kering. Sebagai gantinya, letakkan di atas meja, jauhkan dari paparan sinar matahari langsung, hingga letakkan di elas kecil dengan batang terendam air bersuhu ruangan.

3. Minyak

Memasukkan minyak ke dalam kulkas akan membuat cepat mengeras. Akan lebih baik menyimpan minyak di rak dapur yang gelap dan dingin. Cuma minyak berbahan dasar kacang yang dapat didinginkan.

4. Ayam masak

Ayam yang telah dimasak dilarang dimasukkan ke kulkas lebih dari 2 hingga 3 hari. Sebab akan merusak tekstur dan rasanya. Makan ayam yang telah dimasak yang telah didinginkan dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

5. Madu

Menyimpan madu di kulkas akan membuat madu tersebut mengkristal. Dan hal ini dapat menyulitkan kita untuk menggunakan madu tersebut. Untuk menyimpan madu, sebaiknya disimpan di rak dengan suhu ruangan.

6. Mangga mentah

Memasukkan mangga mentah ke kulkas akan memperlambat pematangan buah tersebut. Berbeda halnya jika memang ingin mempertahankan agar mangga tersebut tidak matang untuk dimakan dengan rujak. Namun jika mangga tersebut sudah matang, maka kita bisa menyimpannya di kulkas untuk mempertahankan mangga tersebut manis dan segar.

7. Kopi

Menyimpan kopi bubuk atau biji utuh akan membuat kopi berubah cita rasanya sebab akan membuat kondensasi encer. Sebaiknya menyimpan kopi dalam wadah kedap udara untuk mempertahankan kesegaran kopi tersebut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait