Cara Mencairkan Daging Beku dengan Cepat, Aman dan Tetap Sehat

  • Arry
  • 6 Jul 2023 07:55
Cara mencairkan daging beku(ist/ist)

Cara mencairkan daging beku tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Ada trik khusus untuk mencairkan daging yang telah lama membeku di dalam freezer dengan cepat, aman, dan tetap sehat.

Daging merupakan bahan makanan yang kerap lama menghuni freezer di banding bahan makanan lainnya. Untuk mengolah daging yang sudah membeku ini harus mendapat perhatian khusus.

Sebab, cara mencairkan daging beku dengan tepat dapat menghindari daging terkontaminasi bakteri. Sehingga tentu membuat kualitas daging menurun.

Melansir dari halodoc, berikut cara mencairkan daging beku dengan cepat, aman, dan tetap sehat.

Ada tahap pencairan daging beku yang aman:

1. Pindahkan ke kulkas

Langkah pertama untuk mencairkan daging beku adalah memindahkan daging dari freezer ke kulkas bagian bawah atau bagian paling dingin dari kulkas. Jangan pindahkan daging dari kontainer aslinya.

Pastikan daging masih terbungkus kemasan atau plastik untuk mengurangi risiko bakteri menempel selama daging di kulkas.

Baca juga
Tips Menyimpan Daging Kurban di Kulkas Agar Tahan Lama

2. Biarkan daging beku mencair di kulkas

Setelah kamu memindahkan daging, biarkan daging mencair secara perlahan di kulkas. Tujuannya adalah agar temperatur daging naik secara perlahan dan teratur sehingga tidak memicu pertumbuhan bakteri.

Sebaiknya, kamu mulai mencairkan daging pada malam sebelum kamu akan memasak. Waktu yang paling singkat untuk mencairkan daging di kulkas adalah beberapa jam. Durasi hingga daging tidak lagi beku akan berbeda tergantung pada ukuran dan ketebalannya.

Baca juga
Daging Sapi vs Kambing, Mana yang Kolesterolnya Lebih Tinggi?

3. Tidak mengeluarkan dari kulkas untuk pencairan

Satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah tidak mencairkan daging pada suhu ruangan. Ini bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri, dan jika bakteri ini masih menempel setelah dimasak kamu berisiko mengalami keracunan.

Hindari pula mencairkan daging dengan air panas karena bisa membuat daging tidak sehat untuk konsumsi.

Baca juga
Kadar Kolesterol dalam Tiap Potongan Daging Ayam, Ini Bagian yang Paling Tinggi

Selain tiga cara di atas, ada cara alternatif mencairkan daging beku dengan cepat:

1. Gunakan air dingin

Untuk melakukan cara ini, kamu perlu memindahkan daging ke piring bersih tanpa membuka plastiknya. Tempatkan daging di bawah air dingin mengalir hingga daging cair sempurna.

Dengan metode air dingin, daging akan membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk daging ukuran kecil atau satu sampai dua jam untuk ukuran besar. Cara ini jelas lebih cepat, namun kamu perlu memastikan bahwa daging masih aman di dalam kemasan agar bakteri dan air tidak bisa masuk.

2. Mencairkan daging beku menggunakan microwave

Ini adalah cara yang lumayan berisiko, karena daging bisa mulai masak ketika masih di dalam microwave. Karena bagian daging tertentu akan menjadi hangat, kamu sebaiknya langsung memasaknya setelah cair.

Demikian beberapa cara mencairkan daging beku dengan cepat, aman dan tetap sehat dan terhindar dari bakteri. Selamat mencoba.

Artikel lainnya: Kisah Nenek 83 Tahun Digugat Rp6 Juta dan Dituduh Curi 20 Kelapa, Ini Kronologinya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait