10 Cara Memilih Durian yang Matang: Perhatikan Bentuk dan Beratnya

  • Arry
  • 28 Feb 2024 14:00
Buah Durian(halodoc/halodoc)

Durian adalah salah satu buah yang sangat diminati. Buah ini menjadi incaran lantaran rasa dan aromanya yang sangat menggoda.

Durian adalah buah yang berasal dari kawasan Asia Tenggara seperti Malaysia, Sumatera, dan Kalimantan. Buah ini bahkan dipercaya sudah ada sejak abad ke-7 masehi.

Namun, kadang kita kesulitan untuk memilih buah durian yang sudah matang. Jika salah, Anda bisa mendapatkan buah yang tawar dan dagingnya sedikit.

Berikut tips 10 cara memilih durian yang matang:

1. Pilih yang bentuk buahnya bulat

Buah durian yang sudah matang biasanya berbentuk bulat dan memiliki isi yang lebih banyak. Sedangkan durian yang berbentuk lonjong biasanya memiliki daging buah yang lebih sedikit.

2. Pilih yang buahnya ringan

Saat memilih durain, cari yang beratnya ringan. Karena bobot ini menajdi pertanda buah sudah matang.

3. Periksa bunyinya

Saat memilih durian, coba periksa dengan mengetuk buah dan dengarkan bunyinya. Buah yang sudah matang bunyinya akan terdengar sedikit berat dan seperti ada bunyi “bluk-bluk”. Sedangkan jika terdengar bunyi seperti berongga, maka buah tersebut bisa jadi sudah tidak segar lagi.

4. Perhatikan bentuk durinya

Umumnya, durian yang memiliki duri lebih pendek dan jarang, memiliki daging buah yang manis. Sementara duri panjang dan rapat daging buahnya lebih sedikit.

5. Cek tangkainya

Cara untuk mengecek apakah buah tersebut masih segar atau tidak bisa dilihat dari tangkainya. Jika tangkai buah tidak bergetah, menandakan durian itu sudah lama dipetik dari pohon. Sebaliknya, jika bagian masih terdapat getah menandakan buah tersebut baru dipanen sehingga isinya juga masih segar.

6. Guncangkan buah

Cara lainnya adalah dengan menggoyangkan durian itu. Tanda durian sudah matang adalah adanya getaran kecil saat diguncangkan karena buah yang matang biasanya kering dan terpisah dari dinding kulit.

7. Tidak membeli buah yang sudah terbuka

Biasakan beli durian yang belum terbuka kulitnya. Sebab, durian yang sudah dibuka, dagingnya bisa menjadi hambar.

8. Cium aroma buahnya

Umumnya, durian yang memiliki kualitas baik akan mengeluarkan aroma harum khas walau belum dibuka kulitnya. Daging buah dengan aroma yang harum biasanya memiliki rasa yang manis dan berwarna kuning.

9. Beli di musim yang tepat

Durian yang panen pada musim kemarau biasanya memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan durian yang ada saat musim hujan.

10. Lihat warnanya

Biasanya, durian yang matang akan berwarna cokelat. Meski demikian, ada pula yang berwarna hijau dan kuning.

Artikel lainnya: Resep Pedas Sambal Cumi dengan Aroma Nikmat dari Terasi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait