Harimau Ternyata Suka Makan Durian Juga, Begini Kata pakar

  • Arry
  • 3 Mar 2024 20:25
Harimau Sumatera(litbang/kemendagri.go.id)

Siapa sangka, harimau yang dikenal sebagai hewan karnivora alias pemakan daging, ternyata gemar makan durian. Peristiwa ini pun terekam dalam sebuah video.

Video harimau makan durian itu diunggah akun Instagram Balai Taman Nasional Tesso Nilo. Dalam video itu terlihat seekor harimau tengah asyik menyantap buah durian yang jatuh dari pohon.

"Ternyata selain nungguin mangsa yang suka buah durian.. Harimau juga suka buah durian lho guys.." tulis akun @btn_tessonilo dikutip Minggu, 3 Maret 2024.

Balai Taman Nasional Tesso Nilo menjelaskan, berdasarkan penjelasan dari para ahli, setika musim buah datang, banya herbivora dan pemakan buah yang berkumpul. Seperti monyet, tapir, babi, rusa bahkan omnivora beruang madu.

Baca juga
Petugas Kebersihan Taman Safari Tewas Diterkam Harimau

"Lalu harimau sumatera juga datang, mengintai dari rerimbunan pohon, calon mangsa yang lengah ketika makan buah. Lalu disergapnya.. Dapatlah dia makan malam."

"Tapi ternyata oh ternyata. Bukan cuma mengintai calon mangsanya saja. Buah duriannya juga dimakanin sama harimau."

"Emang pesona durian begitu menggoda ya guys ya.."

Fenomena harimau makan durian

Video itu pun banyak mendapat respons dari netizen.

"Dan kata bapak ku, harimau makan durian itu rapih dan bersih, biji terkumpul dan gak banyak sisa siabdi bijinya. Beda sama bagi hutan kalau makan durian acak2an. Salam pelaku lapangan."

Baca juga
Mengenal 3 Jenis Harimau Khas Indonesia, Hanya 1 Jenis yang Tersisa

"Pantes kucing aku suka durian, ternyata nenek moyangnya juga suka."

"dibelakang rumah family di daerah lamno, aceh besar, pegunungan ulumasen, harimau suka makan durian tepat di kebun belakang rumah."

Mengenai fenomena ini, dosen Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB University Abdul Haris Mustari membenarkan harimau bisa mengonsumsi durian. “Harimau adalah karnivora sejati, makanan utamanya daging dari berbagai jenis satwa seperti babi hutan, kijang, kancil, dan rusa,” ujar Abdul dikutip dari kompas.com.

“Namun dalam persentase tertentu, berkisar 5-10 persen, juga makan unsur nabati atau tumbuhan, seperti buah dan daun,” lanjutnya.

"Meski kecil, unsur tumbuhan juga diperlukan oleh satwa karnivora untuk membantu proses pencernaannya dan metabolismenya yang didominasi unsur hewani berupa daging," ungkap dia.

Artikel lainnya: Bikin Rincian Makan Rp15 Ribu dan Sebut Ayam Rp20 Ribu, dan Chef Arnold Diserbu di X

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait