Biar Tidak Zonk, Ini 5 Tips Memilih Durian yang Manis, Daging Tebal dan Siap Santap

  • Arry
  • 16 Des 2023 21:11
Buah durian(@RachTeo/unsplash)

Musim durian telah tiba. Bagi pecinta buah yang memiliki bau yang khas ini, musim durian adalah surga.

Memilih buah durian adalah sebuah tantangan tersendiri. Sebab, terkadang kita salah untuk mendapatkan buah yang manis, daging tebal, dan siap disantap.

Durian ini bukan hanya lezat. Namun buah ini juga menyimpan banyak vitamin dan mineral, serta mengandung karbohidrat, lemak, dan protein.

Durian bisa disantap langsung. Atau juga bisa diolah menjadi jus, dibuat es durian, hingga menjadi kuliner pendamping makanan utama.

Biar tidak zonk, berikut 5 tips memilih buah durian yang dikutip dari Michelin Guide:

  1. Carilah durian dengan batang yang masih segar, berwarna hijau, dan berdaging. Ini menunjukkan bahwa durian tersebut baru saja jatuh dari pohonnya.
  2. Durian dengan aroma segar dan mengingatkan pada daun hijau biasanya memiliki daging buah yang manis. Hindari durian dengan aroma terlalu kuat atau tidak ada sama sekali, karena ini bisa menunjukkan durian yang terlalu matang atau masih mentah.
  3. Durian yang matang akan mengeluarkan suara yang berbeda ketika ditepuk. Cari suara yang resonan, mirip drum, yang menandakan durian tersebut matang sempurna.
  4. Durian dengan bentuk yang oval atau sedikit melengkung seringkali memiliki daging buah yang manis dan berkualitas. Jangan ragu untuk memilih durian dengan bentuk yang tidak sempurna, karena ini tidak selalu mempengaruhi rasanya.
  5. Durian yang baik akan mengeluarkan suara yang lembut dan halus ketika dikocok. Ini menandakan bahwa durian tersebut matang dengan sempurna.

Artikel lainnya: Resep Ikan Mujair Bakar Bumbu Rujak, Segar Disantap Cocok untuk Mkaan Siang

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait