Kronologi 28 Bocah Keracunan Chiki Ngebul di Jawa Barat, Kemenkes Ingatkan Ini

  • Arry
  • 9 Jan 2023 10:34
Chiki ngebul (ist/istimewa)

Imbauan Kementerian Kesehatan

Kementerian Kesehatan mengimbau kepada orang tua agar memberikan makanan sehat bagi anak-anaknya. Sehingga harus berhati-hati memberikan camilan kepada anak.

"Orang tua untuk hati-hati dalam memberikan pangan bagi anaknya. Terutama karena anak-anak ini masih dalam pertumbuhan sehingga makanan sehat bergizi lebih diutamakan daripada jajanan," kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr Siti Nadia Tarmizi dalam keterangannya.

"Juga edukasi orang tua bahwa pemberian makanan kepada anak-anak sebaiknya yang bergizi dan diolah dengan cara yang standar. Tidak jajan sembarangan," kata Nadia.

Nadia menyatakan, saat ini 28 anak yang keracunan chiki ngebul itu sudah kembali pulih.

"Semua sehat karena ini yang di Tasikmalaya kejadian November dan yang di Bekasi, 21 Desember kemarin semua sudah sehat," kata Nadia.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Dini Anggraeni mengungkapkan bahaya nitrogen cair lewat chiki ngebul bisa merusak organ internal.

"Adapun risiko bahaya nitrogen cair apabila bersentuhan dengan tubuh, yaitu bisa menyebabkan kerusakan termal yang parah pada kulit, mata, maupun organ. Namun, tingkat keparahan cedera tergantung pada durasi dan area kontak,” kata Dini dalam keterangan resminya.

“Misalnya, hal ini dapat terjadi jika seseorang menahan makanan berlapis nitrogen cair di mulutnya terlalu lama, atau jika camilan menempel di gusinya. Dengan itu, ada baiknya lebih waspada dengan pilihan jajanan yang ingin dikonsumsi sang anak,” ujarnya.

“Lebih baik lagi, orang tua untuk lebih rajin mengolah makanan atau minuman sendiri di rumah untuk anak-anak sehingga, apa yang dikonsumsi sang anak lebih pasti secara kebersihan dan kandungannya," ujarnya.

"Pada dasarnya chiki ngebul atau makanan apa pun, masyarakat Kota Tangerang harus lebih meningkatkan kewaspadaan dengan semua jajanan di luar. Jangan tergiur warna atau tampilan semata,” kata Dini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait