Ladang Pahala, Ini Amalan di Bulan Rajab Selain Berpuasa

  • Arry
  • 24 Jan 2023 05:24
Ilustrasi Berdoa(@Konavi/pixabay)

Bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang dimuliakan dan banyak disebut dalam hadits Nabi Muhammad SAW. Untuk menjadikannya ladang pahala, banyak amalan yang bisa dilakukan di bulan penuh berkah ini.

Dalam penanggalan Islam, Rajab merupakan satu dari empat bulan haram atau suci. Empat bulan itu adalah Zulkaidah, Zulhijjah, Muharram, dan Rajab. Untuk tahun 2023 Masehi, tanggal 1 Rajab sudah masuk pada Senin, 23 Januari.

Mengutip buku Doa & Amalan di Bulan Rajab, Sya'ban & Ramadhan yang disusun oleh Tim Zahra, Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk menjalankan sejulahamalan, terutama puasa sunnah Rajab.

"Sesungguhnya Rajab adalah bulan Allah yang agung. Kemuliaan dan keutamaannya tak tersaingi oleh bulan-bulan lainnya. Di bulan ini diharamkan berperang dengan orang-orang kafir. Adapun Syaban, itu adalah bulanku, sedang Ramadhan adalah bulan umatku. Maka barang siapa berpuasa sehari saja di bulan Rajab, ia akan mendapatkan keridaan Allah yang sangat besar dan jauh dari kemurkaan-Nya serta tertutup baginya salah satu pintu neraka."

Meski demikian, karena banyaknya limpahan pahala yang ada di bulan Rajab, amalan yang dilakukan tidak hanya sebatas puasa saja. Banyak amalan lain yang bisa dikerjakan, terutama bagi yang berhalangan untuk berpuasa.

Berdasarkan hadits Rasulullah yang diriwayatkan para sahabat dan ulama, berikut amalan di bulan Rajab yang bisa dilakukan:

1. Memberi makanan

Nabi Muhammad SAW bersabda: "Disunnahkan bagi penghuni setiap rumah dalam setiap tahun untuk berkurban atau atirah (kambing yang disembelih pada bulan Rajab)." (Sunan Abu Dawud, An Nasa'i, Ibnu Majah).

Dari Abu Hurairah ra., Rasulullah SAW bersabda: "Tidak ada fara (anak unta yang disembelih untuk Tuhan mereka) dan tidak ada atirah (kambing yang disembelih pada bulan Rajab)" Namun, di antara mereka ada yang mengatakan, 'tetapi disunahkan', di antaranya Ibnu Sirrin ra. dan yang lainnya.

Dalam hadits lain, Rasulullah SAW bersabda: 'Sembelihlah kambing pada bulan Rajab sebagaimana yang dilakukan orang-orang Jahiliah. Tetapi jika ada orang yang hendak melakukannya, sembelihlah karena Allah, kemudian makan dan bersedakahlah. Lakukanlah demikian." (Ath Thabrani).

2. Berdoa

Dalam riwayat Anas bin Malik ra.:

"Apabila Rasulullah SAW memasuki bulan Rajab, beliau akan berdoa: "Ya Allah, berkatilah kami dalam bulan Rajab dan Syakban, dan sampaikanlah kami ke bulan Ramadan." (Abu Nu'aim, Al-Hilyah: Ad-Dailami, Musnad Al Firdaus; Imam Nawawi, Al-Azkar).

3. Memperbanyak istighfar

Melansir buku Doa & Amalan di Bulan Rajab Sya'ban dan Ramadan oleh Tim Zahra, disebutkan bulan Rajab adalah bulan pengampunan. Berdasar riwayat Imam Ja'far ash Shadiq, Rasulullah SAW bersabda:

"Rajab adalah bulan pengampunan bagi umatku, maka perbanyaklah beristighfar di bulan ini, karena Ia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Bulan Rajab dijuluki dengan al Ashab (pelimpahan) karena pada bulan ini terdapat rahmat Allah yang dilimpahkan kepada umatku. Sehingga perbanyaklah mengucap,

Astaghfirullah wa as aluhut taubah

Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah dan aku meminta kepada-Nya agar diterima tobatku."

Rasulullah SAW juga menganjurkan beristighfar sebanyak 70 kali di siang hari dan 70 kali di malam hari, dengan membaca:

Allahummaghfirli wa tub 'alayya

Artinya: "Ya Allah ampunilah aku dan terimalah tobatku."

Baca juga: Benarkah Penanggalan Februari 2023 Terjadi 823 Tahun Sekali? Ini Penjelasannya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait