Cara Bikin Mie di Pabrik Ini Bisa Bikin Penggemar Mual dan Trauma Makan Mie

  • Arry
  • 24 Jan 2023 14:01
Cara pembuatan mie yang kurang higienis(site news/sitenews)

Mie merupakan salah satu kuliner yang digemari di banyak negara. Namun, cara pembuatan mie di sebuah pabrik di India ini bisa membuat penggemar trauma tidak mau makan mie lagi.

Sebuah video pembuatan mie di India viral di media sosial. Mereka hendak membuat mie ala China di salah satu pabrik kecil.

Melansir India Today, seorang selebtwit bernama Chirag Bartjaya membagikan video pembuatan mie di negaranya. Dia menilai, proses pembuatannya sangat jauh dari kata higienis dan layak untuk dikonsumsi.

"Kapan terakhir kali kalian makan mie khas Hakka China dengan saus Schezuan?" tulis Chirag di unggahan videonya.

Baca juga
Nasi vs Mie Instan, Mana yang Bikin Cepat Gemuk?

Dalam video yang dibagikan Chirag, terlihat sejumlah pekerja pabrik menuangkan tepung ke dalam mesin khusus yang mulai berkarat. Semua tepung itu diletakkan di lantai dalam posisi sudah terbuka.

    Cara pembuatan mie yang kurang higienis

Terlihat kemudian para pekerja membuat mie tanpa menggunakan sarung tangan, masker atau pelindung rambut. Mereka juga tidak memakai alas kaki.

Dalam video itu terlihat, saat pekerja menutup adonan mie dengan handuk yang tapak kotor. Setelah itu, adonan yang sudah disipan lama, dibanting ke lantai pabrik yang terlihat peuh terigu dan kotoran.

Dengan santainya, para pekerja kemudian membungkus mie tersebut dengan plastik kemasan yang sudah tersedia. Mie tersebut kemudian dipasarkan ke toko-toko dan penjual mie.

Baca juga
Mahasiswa Meninggal Usai Santap Mie, Ini 10 Bahaya Terlalu Banyak Makan Mie Instan

Proses pembuatan mie itu menarik perhatian netizen.

"Ini bukan hal yang baru. Tak hanya pabrik mie saja, semua pabrik makanan lainnya di India seperti pani puri, sev puri, hingga sandwich wala juga pasti proses pembuatannya tidak higienis. Kecuali pabriknya dari brand besar," komen netizen.

"Saya yakin masalah kesehatan seperti ini terjadi hampir di semua dapur di Delhi. Kalau kalian tau proses pembuatan makanan kalian yang diproduksi secara besar, pasti kalian akan berhenti memakannya!" sambung netizen.

"Semua proses pembuatan mie ini sangat tidak higienis. Jika pabrik mie ini bisa dilacak lokasinya, pabrik ini sebaiknya ditutup saja," saran netizen.

"Melihat proses pembuatan mie yang seperti ini saya jadi trauma sendiri. Meski mie dimasak sendiri, tapi tetap saja mie itu kemungkinan berasal dari pabrik yang sama," ujar netizen.

Baca juga: Kisah Petugas Kebersihan Stasiun Tugu Yogyakarta Kembalikan Tas Berisi Duit Rp44 Juta

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait