7 Rekomendasi Kuliner Nikmat di Medan

  • Arry
  • 5 Okt 2023 16:27
Mie gomak, kuliner khas Medan, Sumatera Utara(ist/ist)

Kota Medan, Sumatera Utara, dikenal mmiliki ragam kuliner yang nikmat. Tak hanya durian, Medan memiliki bermacam makanan yang patut anda cicipi.

Melansir jurnal.dharmawangsa.ac.id, berikut kuliner khas Medan yang harus anda cicipi saat melancong ke sana:

1. Mie Gomak

Mie gomak merupakan mir lidi yang diolah dengan kuah santan. Kuah santan itu diramu dari campuran serai, daun salam, dan daun jeruk yang membuat citarasanya gurih.

2. Lemang Pulut

Kuliner ini unik, sebab makanan yang memiliki bahan dasar beras ketan ini diolah bersama dengan unti kelapa dalam daun pisang dan dikukus hingga matang. Kuliner ini biasanya banyak dibuat atau dijual pada saat bulan Ramadan.

Baca juga
4 Rekomendasi Tempat Makan Soto Legendaris di Kota Medan

3. Nasi Kentut

Kuliner ini sebenarnya hanya nasi yang diberi sejumlah lauk pauk. Namun, pengolahan nasi itu cukup unik karena menggunakan danu kentut sebagai kondimen. Cara mengolahnya yakni nasi dimasukkan ke dalam daun pisang kemudian dicampur dengan daun kentut untuk dibakar hingga matang.

4. Pancake Durian

Medan dikenal dengan kota yang penuh dengan durian. Buah beraroma kuat ini pun bisa disantap langsung maupun dibuat pancake durian. Caranya, daging durian dibungkus dengan kulit pancake yang dibuat dari campuran tepung terigu, maizena, telur, minyak goreng, air, dan pewarna makanan menjadi adonan kulit dan dicetak di atas teflon.

Baca juga
3 Resep Sambal Durian, Kuliner Unik dan Bikin Lidah Bergoyang

5. Dali ni Horbo

Dali ni Horbo merupakan minuman yang terbuat dari olahan susu kerbau yang direbus dengan ditambahkan air perasan daun pepaya. Susu kerbau itu kemudian diambil buihnya saat dipanaskan, dan saat dingin akan mengental seperti agar-agar.

6. Bika Ambon

Bika ambon merupakan salah satu kuliner yang banyak diburu untuk oleh-oleh. Kuliner ini dibuat dengan merebus santan bersamaan dengan serai dan daun pandan hingga mendidih. Kemudian dicampur dengan ragi serta gula dan dilakukan fermentasi beberapa menit. Setelahnya adonan diberikan tepung tapioka, terigu, gula, telur, dan pewarna makanan dan siap dicetak menjadi bika.

Baca juga
Liburan ke Medan, Ini 4 Rekomendasi Oleh-oleh Bika Ambon Nikmat

7. Sate Memeng

Sate Memeng ini adalah sate khas Medan. Seperti namanya, sate ini terbuat dari potongan daging yang besar. Namun bumbunya diolah dengan mencampurkan sejumlah bahan seperti cabai, merica, dan bawang yang dicampur dengan bumbu kacang.

Artikel lainnya: Viral Cerita Mistis Dokter Dokter Jaga IGD Tangani Jasad Korban Kecelakaan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait