6 Khasiat Salak: Ampuh Bagi Penderita Diare Hingga Diabetes

  • Arry
  • 5 Mar 2023 17:13
Buah Salak(ist/ist)

Salak merupakan salah satu buah yang memiliki banyak khasiat dan manfaat. Seperti jaga kesehatan jantung, atasi diare, hingga menurunkan berat badan.

Salak memiliki kandungan nutrisi yang banyak seperti protein, serat, vitamin C, vitamin B2, kalsium, kalium, zat besi dan lainnya.

Melansir dari Med India, berikut 6 khasiat buah salah untuk kesehatan:

1. Menjaga Kesehatan Mata

Salak memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini karena salak mengandung antioksidan yang bisa membantu menyembuhkan cacat mata seperti rabun dekat.

2. Meredakan Diare

Salak juga memiliki khasiat untuk meredakan diare atau gangguan pencernaanlainnya. Hal ini karena salak mengandung banyak serat dan vitamin yang bisa melancarkan sistem pencernaan seperti kembung, buang air besar tidak teratur, dan lainnya.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Mengonsumsi salakjuga bisa menjaga kesehatan jantung. Kandungan potasium pada salak dapat membuat jantung lebih sehat. Selain itu, kandungan antioksidan dan mineral yang melimpah mampu menjaga sistem kardiovaskular berfungsi dengan baik.

4. Meningkatkan Daya Ingat

Kandungan potasium pada salak dapat membantu meningkatkan daya ingat. Selain itu kandungan pektin yang relatif tinggi juga bisa meningkatkan fungsi kognitif tubuh dan daya ingat.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi yang memiliki masalah berat badan, mengonsumsi salak bisa dilakukan. Hal itu karena buah salak mengandung serat tinggi dan karbohidrat yang dapat memberikan energi dan stamina saat diet.

6. Mengontrol Kadar Gula Darah

Selain daging buahnya, kulit salak juga bisa dimanfaatkan dan diolah menjadi teh. Kandungan pada kulit salak itu dapat membantu regenerasi sel di pankreas yang mengontrol diabetes.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait